Beli Minyak Goreng Wajib Gunakan Aplikasi PeduliLindungi atau Tunjukkan KTP

Antara ยท Senin, 27 Juni 2022 - 08:04:00 WIB
 Beli Minyak Goreng Wajib Gunakan Aplikasi PeduliLindungi atau Tunjukkan KTP
Masyarakat yang ingin membeli minyak goreng curah wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi. (Foto Ilustrasi : Antara)

YOGYAKARTA, iNews.id- Masyarakat yang ingin membeli minyak goreng curah wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Jika tidak, mereka diminta menunjukkan nomor induk kependudukan (NIK) yang tertera di KTP.

Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta melakukan sosialisasi kebijakan baru ini. 

“Masa sosialisasi dilakukan dua pekan mulai Senin (27/6/2022). Mudah-mudahan masyarakat bisa menerima perubahan kebijakan ini,” kata Kepala Bidang Ketersediaan Pengawasan dan Pengendalian Perdagangan Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Riswanti di Yogyakarta, Minggu (27/6/2022).

Menurut dia, penerapan kebijakan baru untuk pembelian minyak goreng curah tidak bisa serta merta langsung diterapkan secara penuh karena dibutuhkan banyak persiapan pendukung.

“Implementasinya harus berproses, mulai dari proses registrasi serta kesiapan sarana dan prasarana. Kami berproses saja. Dari informasi yang ada pun, pembelian masih bisa dilakukan menggunakan NIK jika tidak memiliki PeduliLindungi," katanya.

Riswanti mengatakan, kebijakan untuk menunjukkan NIK saat pembelian minyak goreng curah sebenarnya juga sudah diterapkan saat ini melalui program Simirah.

Setiap konsumen hanya dapat membeli minyak goreng maksimal 10 liter per hari. “Satu NIK hanya dapat membeli maksimal 10 liter minyak goreng per hari,” katanya.

Dia memastikan stok dan harga minyak goreng di Kota Yogyakarta dalam jumlah aman dan memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga konsumen tidak perlu khawatir tidak mendapat komoditas yang dibutuhkan.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: