Beli Roti Pakai Uang Palsu, Perempuan Paruh Baya di Kulonprogo Diamankan Polisi

Kuntadi ยท Jumat, 11 September 2020 - 12:37 WIB
Beli Roti Pakai Uang Palsu, Perempuan Paruh Baya di Kulonprogo Diamankan Polisi
Ilustrasi. (Foto: Okezone)

KULONPROGO, iNews.id – Seorang perempuan paruh baya TS (55) warga Kalibawang, Kulonprogo diamankan petugas keamanan Pasar Bendungan Wates, Jumat (11/9/2020). TS diduga mengedarkan uang palsu.

Informasi yang dihimpun iNews.id di lapangan, TS pada Jumat (11/9/2020) pagi berbelanja aneka jajanan pasar di Pasar Bendungan. Saat itu dia membeli roti basah dengan pecahan Rp100.000. Saat membayar, pedagang bernama Suginem mengenali uang palsu tersebut sehingga sempat terjadi keributan di dalam pasar.

Petugas keamanan pasar yang mendengar ada keributan langsung mengamankan pelaku. Selanjutnya berkoordinasi dengan petugas Polsek Wates. Pada awalnya pelaku menepis kalau uang tersebut palsu. Namun dari penggeledahan yang dilakukan petugas justru ditemukan uang serupa yang diduga palsu di dalam dompetnya.

“Iya (ada yang diamankan) saat ini masih dalam penyelidikan,” kata Kapolsek Wates Kompol Endang Suprapto, Jumat (11/9/2020).

Pelaku saat ini masih menjalani pemeriksaan oleh petugas dari unit reskrim. Petugas juga membawa pelaku ke rumahnya untuk dilakukan penggeledahan.

“Kami belum memberikan keterangan lebih rinci, anggota masih di lapangan,” katanya.

Selain mengamankan pelaku, petugas juga menyita uang yang diduga palsu sebanyak 13 lembar pecahan Rp100.000.

Kabar adanya penangkapan perempuan yang mengedarkan uang palsu inipun viral dan tersebar di sejumlah media sosial. Video dengan durasi 30 detik tersebar luas di masyarakat. Tampak pelaku diamankan petugas pasar dengan kaos lengan panjang dan mengenakan masker kuning.


Editor : Kuntadi Kuntadi