Bermodal Busi Bekas, Residivis Ini Pecah Kaca Mobil Para Korban

Kuntadi · Jumat, 29 Mei 2020 - 16:30 WIB
 Bermodal Busi Bekas, Residivis Ini Pecah Kaca Mobil Para Korban
Satreskrim Polres Bantul berhasil mengungkap kasus pencurian dengan modus pecah kaca mobil. Foto kuntadi/iNews.id

BANTUL, iNews.id – Satreskrim Polres Bantul, DIY berhasil mengungkap kasus pencurian dengan modus pecah kaca mobil. Dalam setiap aksinya, Al (40) warga Berbah, Sleman hanya menggunakan busi motor bekas.

Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistyo mengatakan, penangkapan ini berawal dari laporan korban Jefri Agung pada 9 Mei lalu. Saat itu korban memarkir mobilnya di depan toko CV Diponegoro, di Wijirejo, Kecamatan Pandak, Bantul dan masuk ke dalam toko. Saat kembali kaca mobil pecah dan dua buah tas yang ada di dalam mobil hilang.

Dari laporan ini, petugas melakukan penyelidikan di lapangan. Hingga pelaku berhasil diamankan pada Jumat (23/5/2020) di wilayah Bandungan, Semarang.

“Kita tangkap di Semarang di tempat persembunyiannya,” ujar Kapolres di Mapolres Bantul, Jumat (29/5/2020).

Selain mengamankan pelaku, petugas juga mengamankan barang bukti sepeda motor, palu besi, jaket dan tas selempang warna hitam. Dari pemeriksaan, AI juga mencuri di wilayah Imogiri. Saat itu dia berhasil membawa kabur uang tunai Rp25 juta yang ditinggal di dalam mobil.

“Pelaku adalah residivis dalam kasus yang sama dan pernah mendekam di Rutan Pajangan Bantul‎,” katanya.

Dalam setiap aksinya, pelaku melakukannya seorang diri. Dia hanya menggunakan busi motor bekas untuk dilemparkan ke kaca hingga pecah. Selanjutnya dia akan mengambil tas dan barang berharga yang ada di dalam mobil.

“Pelaku akan dijerat dengan 363 ayat 1 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman penjara paling lama 7 tahun,” katanya.

Sementara pelaku Al mengaku dalam setiap aksi dilakukan seorang diri. Dia menyasar kendaraan yang diparkir tanpa dilengkapi dengan alarm mobil. Dalam setiap kali aksinya hanya butuh waktu dua menit saja.

“Uangnya habis untuk makan dan bayar utang,” ujarnya.


Editor : Kuntadi Kuntadi