Berpotensi Timbulkan Kerumunan, Pemkab Bantul Larang Tradisi Padusan Jelang Ramadan

Antara ยท Minggu, 11 April 2021 - 22:55:00 WIB
Berpotensi Timbulkan Kerumunan, Pemkab Bantul Larang Tradisi Padusan Jelang Ramadan
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih (Foto: doc Humas Pemkab Bantul)

BANTUL, iNews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul melarang kegiatan padusan yang bisa menimbulkan kerumunan menjelang bulan puasa. Langkah ini ditempuh untuk mengantisipasi penularan Covid-19.

“Melarang kegiatan menjelang Ramadan yang menimbulkan kerumunan, seperti padusan di tempat pemandian umum, kolam renang, danau, sungai dan sejenisnya,” kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dalam keterangan resmi di Bantul, Minggu (11/4/2021).

Larangan ini dituangkan bupati dalam Surat Edaran Bupati Bantul Nomor 451/01279/Hkm tentang Larangan Kegiatan yang Menimbulkan Kerumunan Menjelang Bulan Ramadan 1442 H atau Tahun 2021. Jika dilaksanakan protokol kesehatan harus dilaksanakan secara ketat, termasuk pembatasan maksimal 25 orang. 
 
Sementara untuk kebijakan pelaksanaan kegiatan selama Ramadan di Bantul, telah diterbitkan Surat Edaran Bupati Bantul Nomor 451 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Ibadah Ramadan dan Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H atau Tahun 2021 pada masa pandemi Covid-19.
 
“RT dengan zona hijau dan zona kuning dapat melaksanakan kegiatan ibadah Ramadan secara terbatas untuk jamaah di lingkungan masing-masing dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat,” kata Sekda Bantul Helmi Jamharis.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2