Buka Dies Natalis UGM ke-73, Rektor: 2056 Lahan Pertanian Habis karena Alih Fungsi Tinggi

Kuntadi ยท Jumat, 23 September 2022 - 13:22:00 WIB
Buka Dies Natalis UGM ke-73, Rektor: 2056 Lahan Pertanian Habis karena Alih Fungsi Tinggi
Rektor UGM dan jajaran civitas akademika melepas 73 perkutut tanda dimulainya Dies Natalis ke-73. (Foto: istimewa)

SLEMAN, iNews.id - Lahan pertanian produktif di Indonesia semakin menipis. Alih fungsi lahan yang tinggi menjadi salah satu tantangan yang dihadapai bangsa ini.

“Lahan pertanian semakin menipis dengan adanya perubahan fungsi lahan produktif. Diperkirakan 100.000 hektar lahan pertanian telah menjadi lahan nonproduktif dan diprediksi tahun 2056 lahan pertanian kita akan habis,” katanya Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM)  Ova Emilia saat pembukaan Dies Natalis  UGM ke-73 di Balairung UGM, Jumat (23/9/2022). 

Pembukaan Dies Natalis UGM ke-73 ditandai dengan pelepasan 73 ekor burung perkutut dan pemukulan gong dimulainya gerakan pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) di lingkungan kampus bekerja sama dengan Badan Pangan Nasional.

Dies Natalis ini dilaksanakan oleh Agrokomplek dengan mengusung tema Pangan Berdaulat Bangsa Bermartabat. Tema ini selaras dengan peran vital dan strategis pangan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Rektor mengatakan, ketersediaan komoditas pangan menjadi tantangan mendasar yang dihadapi sejumlah negara. Bahkan pangan bisa mempengaruhi dinamika politik secara keseluruhan. 

“Sektor pertanian menjadi salah satu unsur penopang yang memegang peran sangat penting dalam pemenuhan komoditas pangan tersebut,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: