Buntut Kasus Jilbab, Ketua Komisi A DPRD DIY: Kami Dukung Sikap Gubernur Nonaktifkan Kepala Sekolah

Antara ยท Jumat, 05 Agustus 2022 - 20:39:00 WIB
Buntut Kasus Jilbab, Ketua Komisi A DPRD DIY: Kami Dukung Sikap Gubernur Nonaktifkan Kepala Sekolah
Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto mendukung langkah gubernur yang membebastugaskan Kepsek SMAN1 Banguntapan Bantul. (Foto: istimewa)

YOGYAKARTA, iNews.id - Buntut dugaan pemaksaan memakai jilbab terhadap salah satu siswi, Gubernur DIY membebastugaskan kepala sekolah dan tiga orang guru SMAN 1 Banguntapan, Bantul. Langkah Sri Sultan HB X ini tuai dukungan. 

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto mengapresiasi keputusan gubernur ini. 
"Kami mendukung sikap tegas Pak Gubernur DIY Sultan HB X menonaktifkan kepala sekolah dan oknum guru SMAN 1 Banguntapan. Kami berharap ke depan ASN termasuk guru memahami betul konstitusi NKRI, makna kebinekaan dan keragaman di Indonesia," kata Eko melalui keterangan tertulis yang diterima di Yogyakarta, Jumat (5/8/2022).

Eko menilai tindak pemaksaan pemakaian jilbab yang diduga dilakukan guru dan kepala sekolah SMAN 1 Banguntapan itu melanggar konstitusi dan perlu mendapat sanksi tegas.

"Meskipun telah ada pembebastugasan sementara, kami ajak masyarakat mengawal penyelesaian masalah ini. Investigasi harus objektif dan sanksi tegas harus diberikan bagi siapa pun yang melanggar disiplin pegawai dan konstitusi, serta menentang nilai-nilai keistimewaan DIY," katanya.

Dia juga mendorong upaya pembinaan secara berkelanjutan kepada semua tenaga pendidik di DIY, khususnya memberikan penguatan kepada kepala sekolah dan guru, untuk menekan tindakan intoleransi di sekolah.

Komisi A DPRD DIY merekomendasikan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DIY perlu bekerja sama dengan Badiklat DIY guna memfasilitasi pelatihan pendidikan Pancasila, wawasan kebangsaan, dan nilai-nilai keistimewaan Yogyakarta.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: