Capaian Vaksinasi Covid-19 di Pesisir Kulonprogo Rendah, Sistem Door to Door Jadi Prioritas

Kuntadi ยท Kamis, 14 Oktober 2021 - 20:50:00 WIB
Capaian Vaksinasi Covid-19 di Pesisir Kulonprogo Rendah, Sistem Door to Door Jadi Prioritas
Vaksinasi Covid-19 di Balai Kalurahan Karangsewu, galur Kulonprogo. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – Capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kulonprogo belum merata, lantaran masih banyak warga pinggiran yang enggan mendatangi lokasi vaksin. Untuk mewujudkan herd immunity, perlu terobosan dalam pelaksanaan vaksinasi salah satunya dengan vaksinasi mobile secara door to door

Lurah Karangsewu, Galur Anton Hermawan mengatakan, capain vaksinasi di wilayahnya sudah sekitar 80 persen. Hanya saja capaian ini belum merata di seluruh padukuhan. Khusus di wilayah pesisir yang berbatasan dengan Panjatan baru sekitar 45 persen. 
 
“Di pesisir warga masih enggan mendatangi lokasi vaksin,” kata Anton, di sela pelaksanaan vaksinasi Sedulur Daihatsui Yogyakarta 2021 di Balai Kalurahan Karangsewu, Kamis (14/10/2021). 

Warga masih perlu mendapatkan edukasi terkait manfaat vaksinasi ini. Mereka beranggapan cukup sehat karena setiap hari bekerja di ladang, menggarap lahan pertanian di bawah sinar matahari langsung. Mereka merasa yakin aman dari paparan Covid-19 karena jarang berinterakasi dengan orang luar. Padahal mereka juga ke pasar tradisional yang ramai. 

“Butuh edukasi dengan melibatkan tokoh masyarakat dan juga TNI/Polri,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: