Cegah Kecelakaan, Bus Wisata ke Hutan Pinus Mangunan Wajib Jalani Ramp Chek

erfan erlin · Selasa, 26 April 2022 - 12:11:00 WIB
Cegah Kecelakaan, Bus Wisata ke Hutan Pinus Mangunan Wajib Jalani Ramp Chek
Petugas melakukan ramp chek armada bus.(MPI/erfan erlin)

BANTUL, iNews.id - Polres Bantul dan Dinas Perhubungan Bantul akan menyeleksi semua bus wisata yang akan melewati jalur Imogiri-Mangunan-Dlingo. Setiap bus wisata wajib menjalani ramp check untuk mencegah kecelakaan maut di Bukit Bego, Imogiri terulang kembali. 

Pos ramp check didirikan di Imogiri. Setiap bus yang akan naik ke objek wisata hutan pinus akan diperiksa kondisi kelayakannya. Sebab jalur yang ada berupa tanjakan terjal dan turunan tajam sehingga kendaraan harus benar-benar sehat.  

“Kami siapkan posko ramp chek di Imogiri. Kendaraan besar seperti bus akan melalui proses ramp chek terlebih dahulu sebelum melibas jalur Mangunan-Imogiri,” kata Kapolres Bantul, AKBP Ihsan, Senin (26/4/2022). 

Ketika nanti dianggap layak maka mereka diperkenankan untuk naik ke Mangunan, Dlingo. Sementara ketika tidak kendaraan tidak diizinkan dan bisa menggunakan kendaraan alternatif yang lain.

Kapolres mengatakan, wisatawan yang akan berwisata ke Mangunan diarahkan melalui jalur Mangunan-Imogiri. Hal ini untuk mengurangi resiko kecelakaan yang sering terjadi di ruas ini.

“Sebenarnya ada jalur alternatif lewat Cino Mati tetapi bagi yang mengandalkan google map akan jangan lewat jalu ini,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: