Cegah Penularan Covid-19, Gembiraloka Zoo Lakukan Pembatasan Pengunjung

Kuntadi ยท Jumat, 27 November 2020 - 21:45:00 WIB
Cegah Penularan Covid-19, Gembiraloka Zoo Lakukan Pembatasan Pengunjung
Kebun Binatang Gembiraloka melakukan pembatasan jumlah pengunjung. (foto; iNews.id/Kuntadi)

YOGYAKARTA, iNews.id - Pengelola Kebun Binatang Gembira Loka (GL Zoo) Yogyakarta melakukan pembatasan terhadap kunjungan wisatawan. Kuota kunjungan di dalam area hanya sebanyak 2.500 orang, yang berlaku secara dinamis.

“Kita batasi kuota 2.500 secara dinamis. Ketika ada yang sudah keluar, pengunjung lain bisa masuk,” kata Kepala Bagian Humas dan Promosi GL Zoo, Fahmi Ramadhan kepada wartawan, Jumat (27/11/2020).

Sebelum Covid-19, kata Fahmi saat akhir pekan kunjungan dalam satu hari bisa mencapai 15.000 orang. Sedangkan pada hari biasa sekitar 1.000 sampai dengan 2.000 orang. Saat ini kunjungan harian hanya 300 orang dan akan naik pada akhir pekan hingga 1.500 orang.

“Sudah mulai ada kenaikan meski dibanding sebelum Covid-19 masih jauh,” katanya.

Saat ini pengelola belum menyiapkan strategi khusus menghadapi libur panjang Natal dan tahun baru. Mereka tidak ingin gegabah dalam menerima wisatawan. Pembatasan pengunjung dan melaksanakan protokol kesehatan tetap dilakukan. Setiap pengunjung wajib menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.

"Pandemi Covid-19 memang tidak bisa diprediksi. Kami akan lakukan pembatasan pengunjung dan penerapan protokol kesehatan," katanya.

Pengelola juga terus melakukan penambahan fasilitas dan pemeliharaan. Di antaranya terkait dengan rencana pembukaan kembali pintu timur, setelah semua akses kunjungan hanya melalui pintu barat saat uji coba.

Penerapan protokol kesehatan juga dilakukan saat pengunjung berinteraksi dengan satwa. Satwa hanya akan dipegang penjaganya atau sudah disediakan tempat sendiri untuk satwanya.

“Jadi tidak ada kontak langsung antara pengunjung dan satwa," katanya.

Harga tiket masuk GL Zoo saat ini, dibanderol Rp75.000 per orang saat weekend dan libur nasional. Sementara untuk harga tiket di hari Senin hingga Kamis Rp60.000.

Editor : Kuntadi Kuntadi