Cegah Penularan PMK, 153 Ternak Milik Fakultas Kedokteran Hewan UGM Divaksin

Kuntadi ยท Rabu, 29 Juni 2022 - 23:11:00 WIB
Cegah Penularan PMK, 153 Ternak Milik Fakultas Kedokteran Hewan UGM Divaksin
Fakultas Kedokteran Hewan UGM melakukan vaksinasi terhadap 153 ternak di lingkungan kampus. (Foto: istimewa)

SLEMAN, iNews.id - Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Gadjah Mada (UGM) melakukan vaksinasi terhadap hewan ternak yang ada di lingkungan kampus. Setidaknya ada 153 dosis vaksin diberikan pada sapi perah dan sapi potong, kuda, kambing dan domba. 

Ketua Satuan Tugas PMK FKH UGM Prof Aris Haryanto mengatakan, vaksinasi ini untuk mencegah penularan penyakit mulut dan kuku (PMK). Setelah dosis pertama, nantinya akan dilanjutkan dosis kedua selang empat minggu. Lalu enam bulan kemudian akan mendapat vaksin booster PMK.

“Sekitar 153 sapi, kambing dan domba yang divaksin. Vaksin kita dapatkan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY,” ujarnya.

FKH UGM juga menerjunkan mahasiswa dan dosen untuk membantu pelaksanaan program vaksinasi PMK di Cangkringan, Sleman dan di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Hingga kini sudah ribuan ternak yang sudah divaksin oleh tim FKH UGM di DIY, Kabupaten Boyolali, Kabupaten sukoharjo, dan kabupaten Cilacap, Jawa Tengah serta di Ponorogo dan Tulungagung, Jawa Timur.

“Umumnya vaksinasi dilakukan pada hewan ternak yang sehat,” katanya.

Aris mengatakan tingkat kesembuhan hewan yang terinfeksi PMK sekitar 95 persen. Bila mendapatkan hewan ternaknya mengalami gejala terinfeksi PMK harus segera dilaporkan untuk memudahkan penanganan. Gejala hewan yang terinfeksi PMK di antaranya hipersalivasi (air liur berlebihan), lesu, dan nafsu makan berkurang.  

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: