UGM Dukung Mitigasi Perubahan Iklim di Bidang Kehutanan

Kuntadi · Senin, 27 Juni 2022 - 19:16:00 WIB
UGM Dukung Mitigasi Perubahan Iklim di Bidang Kehutanan
Kementerian Kehutanan menyosialisasi Indonesia’s Forest and Other Land Use Net Sink (IFNET) 2030 di Balai Senat UGM, Senin (27/6/2022). (Foto: istimewa)

SLEMAN, iNews.id - Universitas Gadjah Mada (UGM) mendukung mitigasi perubahan iklim akibat pemanasan global dampak emisi rumah kaca. Melalui 280 prodi yang dimilikinya, UGM akan mendukung penuh aksi mitigasi perubahan iklim dalam bidang kehutanan.

Wakil Rektor UGM, Prof Djagal Wiseso Marseno mengatakan, untuk mendukung mitigasi ini sudah dilakukan berbagai langkah strategis. Mulai dari pengembangan pendidikan lingkungan maupun pengembangan ruang terbuka hijau. Bahkan dikembangkan pertanian cerdas untuk menghitung emisi gas rumah kaca di lahan pertanian. 

“Kami juga mengembangkan teknik rehabilitasi hutan untuk peningkatan serapan karbon, pengembangan teknologi reporting and verification di bidang penurunan emisi dan serapan karbon,” kata Djagal pada Sosialisasi Indonesia’s Forest and Other Land Use Net Sink (IFNET) 2030 di Balai Senat UGM, Senin (27/6/2022).

Sosialisasi ini dilaksanakan Kementerian LHK bersama Forum Pimpinan Lembaga Perguruan Tinggi Kehutanan Indoensia (FOReTIKA) secara berseri. Mulai dari  Regional Sumatera, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Yogyakarta. Nantinya akan dilanjutkan di Regional Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, hingga Kalimantan, sulawesi dan nusa ternggara dan Papua. 

“Sosialisasi ini untuk menyampaikan kebijakan, strategi, dan rencana aksi mitigasi sektor kehutanan dan perubahan lahan yang mengacu pada target penurunan emisi gas rumah kaca sampai dengan tahun 2030 kepada seluruh masyarakat Indonesia,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: