Cerita Rakyat Yogyakarta, Asal Usul Gunung Merapi Dulu Dihuni 2 Empu Sakti

Nadia Lulu Azizah ยท Selasa, 23 November 2021 - 19:00:00 WIB
Cerita Rakyat Yogyakarta, Asal Usul Gunung Merapi Dulu Dihuni 2 Empu Sakti
Gunung Merapi (Foto: doc/iNews.id)

YOGYAKARTA, iNews.idCerita rakyat Yogyakarta, asal usul  Gunung Merapi yang melegenda. Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan DIY dengan ketinggian mencapai 2.968 mdpl, sesuai cerita rakyat terbentuk dari perseteruan dua empu sakti dengan batara dan dewa dari Khayangan. 

Bagaimana asal usul mengenai Gunung Merapi ini? Berikut cerita rakyat Yogyakarta, asal usul Gunung Merapi. 

Pada dahulu kala, di daerah utara tanah Jawa tepatnya di lokasi keberadaan Gunung Merapi, merupakan kawasan hutan yang sangat lebat. Di hutan ini hiduplah 2 orang empu pembuat keris yang sangat sakti. 

Mereka adalah Empu Rama dan Empu Pamadi, yang selalu menyalakan tungku perapiannya untuk membuat keris. Mereka membuat keris tanpa bantuan alat-alat lain dan hanya mengandalkan tangan kosong untuk menempa dan menghaluskan keris yang masih panas. 

Sedangkan nan jauh di sisi selatan dari hutan tersebut terdapat sebuah gunung di daerah pantai dengan bebatuan karang. Gunung tersebut bernama Gunung Jamurdipa yang sudah tidak aktif. 

Pada suatu hari, Batara Narada dan Dewa Penyarikan berkeliling dan mengamati keadaan Gunung Jamurdipa dari atas langit. Setelah berkeliling dan mengamati keadaan Gunung Jamurdipa, Batara Narada dan Dewa Penyarikan kembali ke kayangan. 

“Bagaimana hasil penyelidikan kalian di Gunung Jamurdipa?” ucap Batara Dewa.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: