Destinasi Wisata di Yogyakarta Harus Miliki Satgas Covid-19

Kuntadi ยท Rabu, 08 Juli 2020 - 18:00 WIB
Destinasi Wisata di Yogyakarta Harus Miliki Satgas Covid-19
Wawali Yogyakarta Heroe Poerwadi meninjau Taman Sari. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

YOGYAKARTA, iNews.id – Wakil Wali Kota Heroe Poerwadi mewajibkan semua destinasi wisata yang ada di Kota Yogyakarta memberlakukan protokol kesehatan. Dua di antaranya harus memiliki satgas Covid-19 dan melakukan pembatasan pengunjung.

“Satgas ini akan memberikan rasa aman bagi pengunjung yang datang,” kata Heroe saat meninjau objek wisata Taman Sari, Rabu (8/7/2020).

Pelaksanaan protokol kesehatan, tidak hanya cuci tangan dengan sabun, pakai masker ataupun jaga jarak. Tiga prasyarat wajib itu tidak cukup untuk diterapkan di tempat umum. Namun harus ada pembatasan pengunjung, dan jalur satu arah.

“Petugas yang ada juga harus memakai kaos tangan,” kata Heroe.

Wawali mengatakan, setiap pengunjung di objek wisata Taman Sari, dilarang menyentuh bangunan. Ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah penularan Covid-19. Wisatawan uga harus melakukan scan QR code yang ada di pintu masuk. QR Code ini menjadi cara praktis untuk memantau pengunjung tanpa harus mengunduh.

"QR Code ini untuk mempermudah dalam melakukan tracing, jika suatu saat terjadi kasus penularan di kawasan Taman Sari,” katanya.

Ketua Kampung Taman Sari, Ibnu Titianto mengatakan, sebelum dilakukan pembukaan pihaknya telah melakukan simulasi penerapan protokol kesehatan di Taman Sari. Begitu masuk, wisatawan harus cuci tangan, lalu mengenakan masker, dan juga dicek suhu tubuhnya.

“Saat berada di kawasan Taman Sari pengunjung tidak diperbolehkan untuk menyentuh bangunan,” katanya.

Untuk menghindari kerumunan, pintu masuk dipusatkan di pintu utama. Pengelola sudah memberlakukan jalur satu arah dan melakukan pembatasan pengunjung.

“Lewat QR Code ini kita bisa memantau maksimal 500 orang yang masuk ke dalam,” katanya.


Editor : Kuntadi Kuntadi