Diapresiasi Sandiaga Uno, Ade Kurniawan Olah Limbah Tongkol Jagung Jadi Kerajinan

Kuntadi ยท Jumat, 22 Juli 2022 - 16:32:00 WIB
Diapresiasi Sandiaga Uno, Ade Kurniawan Olah Limbah Tongkol Jagung Jadi Kerajinan
Menparekraf Sandiaga Uno mengapresiasi Ade Kurniawan yang mampu menciptakan peluang usaha dari limbah tongkol jagung. (foto: istimewa)

SLEMAN, iNews.id - Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Ade Kurniawan berhasil mengolah limbah tongkol jagung menjadi berbagai aneka kerajinan dan hiasan rumah yang ramah lingkungan. Melalui UMKM Cip Janggel yang didirikan, Ade juga berhasil memberdayakan warga. 
 
Ade Kurniawan merupakan mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Kriya Fakultas Bahasa dan Seni. Dia mengembangkan usaha kerajinan ini karena prihatin dengan banyak limbah tongkol jagung di sekitar rumahnya yang hanya dibakar dan dibuang. Di rumahnya yang terletak di Ngaliyan, Ngargosari, Samigaluh, Kulonprogo kebetulan menjadi salah satu sentra penghasil jagung. 

“Selama ini limbah tongkol jagung ini hanya dibuang atau dibakar,” katanya, Jumat (22/7/2022). 

Pandemi Covid-19 menjadikan beberapa usaha warga terpuruk dan terhenti. Atas kondisi ini dia mencoba memberdayakan warga untuk mengolah limbah tongkol jagung menjadi dekorasi ruangan seperti lampu tidur, tempat tisu, ornament pajangan dinding, dan lampu hias. 

Usaha ini mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru dan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat lokal. Kegiatan usaha ini juga mampu memperhatikan pengendalian limbah yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

“Saya juga menyediakan pelatihan dan edukasi kerajinan limbah sisa hasil bumi bagi masyarakat luas. Semoga ini bisa menginspirasi daerah lain untuk terus mengembangkan produk kerajinan dari sisa limbah,” ujarnya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: