Diduga Bocor, Razia Angkutan Barang di Bantul Hanya Jaring 1 Truk Pasir

Trisna Purwoko ยท Rabu, 08 September 2021 - 16:03:00 WIB
Diduga Bocor, Razia Angkutan Barang di Bantul Hanya Jaring 1 Truk Pasir
Petugas gabungan melakukan razia kendaraan angkutan di Kabupaten Bantul, Rabu (8/9/2021). (Foto: istimewa). (Fo

BANTUL, iNews.idRazia kendaraan angkutan barang khususnya truk pengangkut pasir di Kabupaten Bantul diduga bocor. Hanya satu truk pengangkut pasir yang terjaring rasia, padahal biasanya dalam satu jam bisa mencapai puluhan.

Razia ini dilaksanakan petugas gabungan dari Satpol PP DIY bersama dengan Satpol PP Bantul, Dinas Perhubungan DIY dan Bantul serta dengan TNI/Polri, Rabu (8/9/2021). Razia dilaksanakan di Lapangan Mangiran, Kalurahan Trimurti, Kapanewon Srandakan, dengan menyasar seluruh kendaraan angkutan umum. 
‎ 
Kepala Bidang Pengendalian dan Operasi, Dinas Perhubungan DIY, Bagas Seno Aji mengatakan, prioritas razia ini truk pengangkut pasir yang kerap membawa muatan berlebihan, tidak menutup muatan dengan terpal dan membawa pasir basah yang merusak jalan.  Hanya saja dalam razia ini petugas hanya berhasil menjaring satu truk pasir saja.   

“Mungkin begitu ada yang terjaring atau melihat razia akan saling mengabarkan di grup WhatsApp, sehingga semua sopir berhenti beroperasi sampai razia selesai,” katanya, Rabu (8/9/2021).  

Meski tidak ada truk pasir yang melintas, petugas tetap melakukan razia terhadap kendaraan yang lain. Mulai dari pemeriksaan surat-surat kelengkapan, Surat Uji KIR, ataupun dimensi bak truk. Setidaknya ada 108 kendaraan yang terjaring razia dengan rincian, enam kendaraan membawa muatan berlebihan, 32 Surat KIR mati dan 15 lainnya tidak memiliki SIM atau STNK.  

“Razia ini sebenarnya untuk keselamatan tetapi bocor sehingga tidak banyak yang terjaring,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: