Diduga Langgar Prokes, Pengelola Objek Wisata Ditegur Satpol PP Gunungkidul

Kismaya Wibowo ยท Minggu, 14 Februari 2021 - 05:41:00 WIB
Diduga Langgar Prokes, Pengelola Objek Wisata Ditegur Satpol PP Gunungkidul
Petugas gabungan menggelar razia yustisi di objek wisata. Dalam razia, petugas menemukan pelanggaran protokol kesehatan. (Foto: iNewsTv/Kismaya Wibowo)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Satpol PP Gunungkidul melayangkan surat teguran kepada pengelola wisata Heha Ocean View di Kecamatan Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta. Teguran dilayangkan karena pengelola kedapatan melanggar protokol kesehatan dan belum melengkapi surat izin wisata secara lengkap.

Tim gabungan Satpol PP Gunungkidul, TNI, Polri dan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Gunungkidul menggelar razia di kawasan obyek wisata heha ocean view yang viral dimedia sosial karena kerumunannya selama pandemi, Sabtu (13/2/2021).

Saat menggelar razia, petugas masih menemukan para wisatawan yang tak menerapkan protokol kesehatan, seperti tidak menggunakan masker, menjaga jarak, dan berkerumun. Bahkan tempat wisata tetap buka hingga malam hari.

Selain itu, petugas juga menemukan fakta bahwa Heha Ocean View Panggang tidak memiliki surat surat izin secara lengkap, baik izin analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) maupun izin mendirikan bangunan (IMB).

"Para wisatawan yang kedapatan tidak menaati protokol kesehatan diminta mengisi data identitas diri dan dilakukan pembinaan. Petugas juga telah melayangkan surat teguran kepada pengelola Heha Ocean View terkait dengan temuan di lapangan," kata Kabid Penegakan Perda Satpol PP Gunungkidul Sugito.

Heha Ocean View, ujar Sugito, terindikasi melanggar beberapa peraturan, meliputi, pertama tidak menerapkan protokol kesehatan secara baik dan benar. Kemudian, kedua tidak memiliki izin secara lengkap dan ketiga terdapat beberapa penyesuaian yang harus dilakukan oleh pengelola.

"Satpol PP Gunungkidul memberi waktu sesegera mungkin bagi pengelola untuk menanggapi surat teguran yang sudah dilayangkan," ujarnya.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2