Digelar di Yogyakarta, Indonesia Tuan Rumah Pertama International Olympiad in Informatics

erfan erlin ยท Selasa, 09 Agustus 2022 - 16:11:00 WIB
Digelar di Yogyakarta, Indonesia Tuan Rumah Pertama International Olympiad in Informatics
Indonesia menjadi tuan rumah IOI yang digelar di Yogyakarta. (foto: istimewa)

BANTUL, iNews.id - Untuk pertama kalinya, Indonesia menjadi tuan rumah olimpiade sains internasional, International Olympiad in Informatics (IOI) 2022 yang akan dilaksanakan di Yogyakarta. Olimpiade Sains ini digelar secara luring dan daring yang diikuti 90 negara. 

Olimpiade sains ini merupakan ajang tahunan, dan tahun ini diikuti oleh 350 lebih siswa sekolah menengah setara SMK dan SMA dari 90 negara peserta dari seluruh dunia. Kegiatan ini dibuka oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim.

Nadiem mengatakan, terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah IOI bertepatan dengan pelaksanaan G20 yang dilaksanakan di Bali. Nadiem mengajak negara anggota G20 untuk memulihkan kondisi pendidikan dunia.

"Melalui olimpiade ini, kami mengajak negara peserta IOI untuk mempersiapkan para pelajar dalam menghadapi tantangan masa depan di dunia teknologi dan informasi," ujar Nadiem pada pembukaan IOI ke-34 di Laboratorium Seni Institut Seni Indonesia, Selasa (09/08/2022).

Nadiem diyakin di masa depan teknologi dan informasi akan berkembang dan berekspansi jauh lebih cepat dan masif. Dunia membutuhkan talenta-talenta digital yang cerdas dan kreatif dan mampu bersaing.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ristek Dikti, Suharti mengatakan, olimpiade ini menjadi suatu kebanggaan untuk Indonesia karena dapat menyelenggarakan lomba bertaraf internasional tersebut.

"Ini menjadi yang pertama kali IOI dilaksanakan secara hibrida," kata dia.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: