Diguyur Hujan Deras, 2 Tebing di Kulonprogo Longsor Menutup Jalan

Kuntadi · Rabu, 30 Desember 2020 - 12:13:00 WIB
Diguyur Hujan Deras, 2 Tebing di Kulonprogo Longsor Menutup Jalan
Warga Kemaras, Sidomulyo, Pengasih Kulonprogo bekerja bakti membersihkan mterial tanah. (foto: istimewa)

KULONPROGO, iNews.id – Hujan deras yang menguyur Kabupaten Kulonprogo dalam dua hari ini telah menyebabkan musibah tanah longsor. Setidaknya ada dua titik longsoran tebing yang membuat jalan tertutup dan mengisolir warga. 

Musibah tanah longsor ini terjadi di Pedukuhan Kemaras, Kalurahan Sidomulyo, Kapanewon Pengasih, pada Selasa (29/12/2020) malam.  Tebing setinggi lima meter dan panjang 10 meter longsor dan menutup jalan kampung. Akibatnya ada 12 kepala keluarga (KK) yang terisolir karena akses jalan tertutup material longsoran tanah. 

“Ada 12 KK yang terisolis, karena jalan utama tertutup tanah,” kata Kepala dukuh Kemaras Iksetyawan, Rabu (30/12/2020).  

Sepanjang pagi ini warga bersama relawan melakukan kerjabakti membersihkan material longsoran tanah. Menjalang siang akses jalan sudah bisa dilalui warga. Kondisi jalan juga sudah berhasil terkondisikan warga.  

Longsoran tebing juga terjadi di Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap. Tebing tanah dan pohon melinjo longsor dan menutup akses jalan yang menghubungkan Kokap dan Girimulyo, tepatnya di Pedukuhan Keji. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun akses jalan tertutup.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2