Dilengkapi Sertifikat SNI, Batik Allusan Berjaya di Pasar Mancanegara

Kuntadi ยท Jumat, 21 Mei 2021 - 23:40:00 WIB
 Dilengkapi Sertifikat SNI, Batik Allusan Berjaya di Pasar Mancanegara
Sri Lestari menunjukkan salah satu koleksi kain batik yang dikirim ke luar negeri. (Foto; iNews.id/Kuntadi)

SLEMAN, iNews.id – Berawal dari hobi, ibu rumah tangga di Sleman Sri Lestari (75) sukses mengembangkan Batik Allusan. Kain batik yang dihasilkan tidak hanya laris di pasar domestik, namun juga berjaya di pasar mancanegara.

Usaha batik ini dirintis Sri Lestari pada tahun 2005 silam di rumahnya di Jodag, Sumberadi, Mlati Sleman. Keterampilan membuat batik diperoleh secara otodidak dan belajar dari referensi di internet. Awalnya dia membuat kain batik untuk dipakai keluarganya sendiri. 

Dari situlah dia menuangkan ide dan gagasan menjadi pola dan motif pada kain. Pola-pola inilah kemudian digores dengan malam melalui ujung canting. Setelah semua jadi dia kemudian melakukan pewarnaan sesuai selera keluarganya.

“Kebetulan saya juga bisa menjahit. Kain itu saya buat sendiri, jahit sendiri dan dipakai keluarga,” katanya, Jumat (21/5/2021). 

Dari produk yang dihasilkan ini ternyata banyak mendapat respons positif dari teman-temannya. Mereka kemudian memesan batik kepadanya agar berbeda dengan motif dan kain batik yang ada di pasaran. Karena respons pasar terus berkembang dia mencoba membuat kain batik untuk dititipkan dalam beberapa event pameran.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2 3