Dinkes Pastikan Stok Vaksin Booster di Bantul Aman

Antara ยท Senin, 17 Januari 2022 - 16:35:00 WIB
Dinkes Pastikan Stok Vaksin Booster di Bantul Aman
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih bersama Kapolres dan Dandim Bantul mendampingi salah satu lansia ketika mendapat suntikan vaksin booster di halaman Dinas Kesehatan Bantul. (Foto : Antara)

BANTUL, iNews,id - Dinas Kesehatan Bantul memastikan stok vaksin Covid-19 booster atau penguat dipastikan aman. Jumlah vaksin yang ada dapat mencukupi kebutuhan sasaran penerima vaksinasi.

Kepala Dinkes Bantul Agus Budi Raharjo mengatakan vaksinasi dosis tiga ini sesuai dengan data masyarakat Bantul yang sudah tervaksin dosis dua sebanyak sekitar 667.000 lebih. 

"Stok vaksin akan disesuaikan, jadi kita tidak bisa bicara bahwa stok itu mencukupi sampai dengan 700.000-an, tapi stok akan berjalan sesuai dengan pelaksanaan, tapi pada prinsipnya stok aman untuk 'booster'," kata Agus Budi Raharjo usai peluncuran vaksinasi penguat di Bantul, Senin (17/1/2022).

Dia mengatakan, vaksin Covid-19 penguat yang disuntikkan kepada masyarakat umum mulai hari ini adalah dengan setengah dosis, dan diperuntukkan bagi warga yang sudah enam bulan telah menerima vaksinasi dosis dua.

"Jadi aman, sesuai aturan regulasi dari Kemenkes bahwa hari ini kita melakukan vaksinasi untuk mereka yang primernya dengan Sinovac dosis satu dan dua, jadi nanti akan kita lakukan booster dengan Pfizer atau AstraZeneca, dan itu cukup untuk sasaran yang ada," katanya.

Agus mengatakan, bahwa capaian vaksinasi Covid-19 di Bantul hingga data terakhir sudah mencapai sebanyak 86,25 persen untuk dosis satu dan 74,19 persen untuk dosis dua, dengan catatan bahwa denominator atau sasaran penerima vaksin sudah dimasukkan anak-anak.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: