DIY Masih Butuh Ratusan Ribu Dosis Vaksin PMK

Antara ยท Selasa, 28 Juni 2022 - 22:24:00 WIB
DIY Masih Butuh Ratusan Ribu Dosis Vaksin PMK
Pemkab Sleman bersama Kementan luncurkan program vaksinasi PMK perdana di Dusun Srunen, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman. (Foto : HO-Bagian Prokopim Setda Sleman)

YOGYAKARTA, iNews,id- DIY masih membutuhkan ratusan ribu dosis vaksin untuk mengatasi penyakit mulut dan kukuk (PMK) pada hewan ternak. Sebelumnya DIY telah menerima 4.800 dosis dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) DIY Sugeng Purwanto mengatakan jumlah vaksin yang diberikan oleh pemerintah pusat masih kurang banyak.

"Kalau dari proporsi (4.800 dosis dari pusat) masih jauh sekali. Apalagi kalau nanti ada semacam arahan bahwa semua hewan berkuku belah harus divaksin maka kebutuhannya besar," kata Sugeng saat dihubungi di Yogyakarta, Selasa (28/6/2022).

Menurut Sugeng, dosis vaksin yang telah diterima masih jauh dari total populasi ternak berisiko PMK di DIY yang mencapai tidak kurang 315.000 ekor sapi dan 400 ribu ekor kambing/domba.

Menurut Sugeng, meski masih terbatas, sebanyak 4.800 dosis vaksin PMK dari pemerintah pusat saat ini diprioritaskan untuk sapi perah yang ada di Kecamatan Cangkringan dan Pekem, Kabupaten Sleman mencapai 3.100 dosis.

Selebihnya, didistribusikan untuk sapi secara umum, termasuk sapi potong di Kabupaten Kulonprogo, Bantul, dan Gunungkidul dengan rentang penyuntikan vaksin mulai 25 Juni hingga 5 Juli 2022.

Pemerintah pusat, kata Sugeng, telah menjanjikan bakal kembali mengalokasikan vaksin PMK untuk DIY pada Agustus 2022.

"Memang idealnya itu kan semua harus tervaksinasi tapi itu nanti jangka panjang karena vaksin yang ada ini kan susah mencarinya. Itu impor dari Prancis jadi memang susah," tutur Sugeng.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: