DPRD Kulonprogo Minta Kominfo Tak Lepas Tangan Atasi Masalah Pulsaku

Kuntadi ยท Senin, 10 Januari 2022 - 14:34:00 WIB
DPRD Kulonprogo Minta Kominfo Tak Lepas Tangan Atasi Masalah Pulsaku
Bupati Kulonprogo Sutedjo saat melaunching program pulsaku beberapa waktu lalu. (Foto: doc/iNews.id)

KULONPROGO, iNews.id - Ketua DPRD Kulonprogo Akhid Nuryati meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo untuk menindaklanjuti permasalahan program Pulsaku yang berhenti di tengah jalan. Program ini harus dievaluasi karena menjadi program unggulan daerah yang sangat membantu masyarakat di daerah yang belum terjangkau sinyal internet. 

“Saya rasa itu program yang cukup bagus yang sudah dirintis pak Hasto (mantan Bupati Kulonprogo). Mestinya program ini bisa dilanjutkan,” kata Akhid, Senin (10/1/12022). 

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang sejak awal menangani program ini harus melakukan evaluasi. Mereka harus bisa turun tangan mengatasi permasalahan. Sebab saat pandemi Covid-19 program seperti itu sangat diperlukan untuk mendukung pembelajaran siswa. 

“Tidak boleh lepas tangan, ini harus dievaluasi. Permasalahannya seperti apa harus diselesaikan,” kata Akhid.  

Dikatakan Akhid, program seperti ini butuh kebijakan secara politis. Perlu komitmen besauntuk melanjutkan program yang sudah dirintis dan berjalan dengan baik. 

“Kalau memang melibatkan pihak ketiga harus dilakukan komunikasi dan dievaluasi masalahnya agar program ini bisa kembali berjalan dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Kulonprogo Agung Kurniawan mengatakan, pihaknya akan segera membahas bersama dengan pejabat lama dan jika memungkinkan dengan pihak ketiga penyedia provider.

“Secapatnya akan kami bahas untuk menyelesaikan permasalahan ini. 

Program Pulsaku merupakan program kemandirian teknologi informasi yang dikembangkan pada 2018/2019 saat dijabat Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo. Awalnya program ini berjalan di dua desa di Kapanewon Kokap, meski kemudian melebar di beberapa desa yang lain di wilayah selatan menggandeng PT PSP.

Program ini awalnya hanya Rp20.000 akan mendapatkan akses internet unlimeted selama satu bulan. Namun sejak 2021 naik menjadi Rp30.000. dimana pulsa ini dibeli di BUMDes yang ada wilayah terkena program ini. Namun sejak 17 Desember sampai saat ini internet tersebut putus sehingga BUMDes banyak mendapatkan komplain dari pelanggan. 

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: