Kasus Covid-19 di Kulonprogo Mulai Menanjak, Dinkes: Dampak Kegiatan Nataru

Antara ยท Minggu, 09 Januari 2022 - 18:10:00 WIB
Kasus Covid-19 di Kulonprogo Mulai Menanjak, Dinkes: Dampak Kegiatan Nataru
Covid-19 (Foto: Ist)

KULONPROGO, iNews.id – Kasus positif di Kabupaten kulonprogo kembali mengalami lonjakan dengan penambahan delapan kasus. Dinas Kesehatan Kulonprogo mencatat kasus ini dari aktivitas warga yang berkumpul saat perayaan Natal. 

Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo Sri Budi Utami mengatakan, dalam beberapa hari terakhir ada lonjakan kasus di Kulonprogo pasca Natal dan tahun baru. Awalnya ada temuan tujuh kasus dan hari ini kembali bertambah delapan kasus sehingga total menjadi 22.274 kasus. 

“Setelah dilakukan penelusuran ternyata ini dampak dari kegiatan Natal dan tahun baru,” kata Sri Budi, Minggu (9/1/2022).

Dari delapan kasus ini beberapa di antaranya masih berhubungan keluarga. Mereka diketahui positif setelah dilakukan tracing dan tracking kasus positif sebelumnya. Mereka sempat berkumpul dengan keluarganya yang pulang dari luar kota sehingga tertular.

“Kami mengimbau agar warga tetap disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan, karena Covid-19 masih ada,” katanya.  
 
Dinas Kesehatan tetap mengintensifkan kampanye protokol kesehatan dengan 3M, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan di air mengalir. Kemudian, dari sisi internal akan melakukan 3T, yakni pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing) dan perawatan (treatment).

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: