Dua Hari Tak Ada Penambahan Kasus Covid-19 di DIY

Kuntadi ยท Rabu, 03 Juni 2020 - 18:04 WIB
 Dua Hari Tak Ada Penambahan Kasus Covid-19 di DIY
Ilustrasi tes Covid-19. (Foto: Istimewa)

YOGYAKARTA, iNews.id – Selama dua hari, tidak ada penambahan Covid-19 di DIY, sedangkan jumlah pasien yang sembuh terus bertambah. Hingga kini total ada 237 kasus, 171 sembuh dan ada 8 yang meninggal dunia.

“Hari ini tidak ada penambahan kasus, jumlahnya masih sama 237 kasus,” ujar Juru Bicara Pemda DIY dalam Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih, dalam keterangan persnya, Rabu (3/6/2020).

Tidak adanya penambahan kasus ini, berdasarkan pada hasil uji laboratorium yang dilaksanakan di Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKL PP) dan di Fakultas Kedokteran UGM. Dari 78 spesimen yang ada, semuanya negatif.

Untuk pasien yang berhasil sembuh, hari ini bertambah dua menjadi 171 kasus. Keduanya berasal dari Kabupaten Sleman, yakni kasus 230 perempuan (42) dan kasus 232 perempuan (31). Untuk pasien dalam pengawasan (PDP) yang meninggal dunia ada, satu orang perempuan (38) asal Sleman dengan riwayat sakit tuberkolosis.

“Sudah diambil tes swab dan hasilnya negatif,” ujarnya.

Sementara itu, di RSUD Wates, Kulonprogo saat ini masih merawat satu pasien Covid-19. Secara umum kondisi pasien dari klaster Indogrosir ini cukup baik.

“Dari 10 kasus, tinggal satu kasus. Doakan saja segera negatif,” ujar Juru Bicara Tim Covid-19 Pemkab Kulonprogo Baning Rahayujati.

Dinas Kesehatan Kulonprogo selama dua hari ini melakukan rapid test kepada pedagang pasar, pegawai toserba dan pengunjung. Dari 360 ada 5 orang yang reaktif.

“Mereka masih menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing,” ujarnya.


Editor : Kuntadi Kuntadi