Kembali Beroperasi, Hotel dan Restoran di Yogyakarta Terapkan Protokol Covid-19

Kuntadi · Rabu, 03 Juni 2020 - 16:30:00 WIB
 Kembali Beroperasi, Hotel dan Restoran di Yogyakarta Terapkan Protokol Covid-19
Karyawan Grand Inna Malioboro, Yogyakarta siap menyambut tamu. Foto : istimewa

YOGYAKARTA, iNews.id – Aktivitas pariwisata di Kota Yogyakarta mulai menggeliat. Mulai bulan Juni ini, sejumlah hotel dan restoran mulai membuka operasinya dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan penanganan Covid-19.

“Akan ada sekitar 25 hotel dan restoran yang mulai buka. Mereka tidak bersama bukanya tetapi bertahap,” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Deddy Pranowo Eryono, Rabu (3/6/2020).

Semenjak pandemi Covid-19, sebenarnya ada sekitar 22 hotel dan restoran yang tetap beroperasi. Hanya okupansinya sangat minim. Awalnya sekitar 5 persen dan selang dua pekan naik menjadi 10 persen. Selang satu bulan naik lagi menjadi 20 persen.

“Memang pasarnya masih seputaran di DIY saja,” ujarnya.

Sebelum beroperasi, kata Deddy semua infrastruktur dalam mencegah penularan Covid-19 harus sudah ada. Protokol ini wajib dijalankan oleh semua petugas. PHRI tidak ingin ada klaster baru dalam penyebaran Covid-19 di DIY.

“SOP (Standar Operational Procedure) sudah baku dan wajib dijalankan,” katanya.

PHRI juga akan terus melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan SOP kesehatan ini. Nantinya akan ada surat semacam pengakuan kalau SOP Covid-19 sudah diterapkan.

Public Relations Grand Inna Malioboro, Retno Kusuma mengatakan, hotelnya tidak pernah tutup. Hanya selama masa pandemi jumlah tamu yang menginap sangatlah minim. Untuk mencegah penularan Covid-19, setiap karyawan yang datang wajib melakukan cek suhu, cuci tangan dengan sabun, dan menggunakan alat pelindung diri (APD).

“Tamu juga akan dicek suhunya dan kita rutin semprotkan cairan disinfektan,” ucapnya.

Pembersihan kamar dengan disinfektan dilakukan ketika tamu checkout dan saat kamar dibersihkan. Bahkan setiap tamu yang menginap harus menunjukkan surat keterangan sehat dan terbebas dari Covid-19

“Tempat duduk, antrian di receptionis dan lift, sudah kami set dengan menerapkan physical distancing,” ujar Retno.

Editor : Kuntadi Kuntadi