Jelang New Normal, Pemkot Yogyakarta Siapkan Aturan hingga Sanksi Tegas

Kuntadi ยท Jumat, 29 Mei 2020 - 15:24 WIB
Jelang New Normal, Pemkot Yogyakarta Siapkan Aturan hingga Sanksi Tegas
Layanan kesehatan di Yogyakarta (Foto: Dok Humas Pemkot Jogja)

YOGYAKARTA, iNews.id – Pemerintah Kota Yogyakarta menyiapkan protokol kesehatan baru jelang pelaksanaan new normal yang akan dilaksanakan mulai awal Juli. Nantinya akan ada aturan wajib hingga sanksi tegas jika terjadi pelanggaran.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, Pemda DIY telah menetapkan perpanjangan masa tanggan darurat selama bulan Juni. Selama masa perpanjangan, sejumlah regulasi disiapkan.

“Di masa perpanjangan tanggap darurat satu bulan ini, akan kita selesaikan masalah kasus kesehatan, dan langkah-langkah menuju normal baru,” kata Heroe, kepada wartawan, Jumat (29/5/2020).

Salah yang disiapkan yakni membuat protokol baru di sejumlah fasilitas publik. Seperti tempat ibadah, mal, sekolah, dan tempat-tempat lain yang berpotensi menjadi tempatb kerumunan. Selain itu juga akan dipersiapkan mekanisme perizinan dan ketentuan yang harus dipenuhi pelaku ekonomi.

“Sebelum pengelola mengoperasionalkan lagi, kita buat mereka mematuhi syarat-syarat yang sedang kita buat,” ujar Heroe yang juga menjabat Wakil Wali Kota Yogyakarta ini.

Dalam new normal, nantinya akan lebih menekankan pada protokol kesehatan. Setiap pelaku wajib memenuhi aturan yang dibuat untuk mendapatkan izin operasional. Bagi mereka yang tidak memenuhi persyaratan atau melanggar akan dikenai sanksi tegas.

“Kita susun secara keseluruhan, berbagai macam tata cara termasuk mengawasi atau kalau perlu nanti akan ada sanksi,” ujar Heroe.

Heroe mengajak masyarakat untuk bisa tertib dan mengikuti aturan yang ada. Mereka harus menjalankan protokol kesehatan. Masa transisi saat ini harus dimanfaatkan untuk mempersiapkan diri, agar tidak kembali ke pola-pola PSBB.


Editor : Kuntadi Kuntadi