Dugaan Kekerasan di Lapas Narkotika Yogyakarta, Kemenkumham DIY: Hanya Tindakan Disiplin

Ariedwie Satrio ยท Kamis, 04 November 2021 - 00:10:00 WIB
Dugaan Kekerasan di Lapas Narkotika Yogyakarta, Kemenkumham DIY: Hanya Tindakan Disiplin
Kepala Kanwil Kemenkumham DIY, Budi Argap Situngkir. (Foto: Ist/Sindonews.com)

Kendati demikian, hingga saat ini Budi mengaku masih belum mendapati fakta dan bukti seperti yang diungkapkan mantan narapidana narkotika Vincentius Titih Gita Arupadatu. 

Salah satunya, kata Budi, soal penyiksaan yang dilakukan oleh oknum petugas terhadap narapidana hingga subuh.

"Karena pada pukul 19.00 WIB semua kunci kamar hunian telah dimasukkan ke dalam kotak kunci. Sementara kunci dari kotak kunci tersebut dipegang oleh kalapas dan baru diambil kembali keesokan harinya pada pukul 05.00 WIB," kata Budi.

Budi juga mengklarifikasi isu yang berkembang soal adanya dugaan pelecehan seksual terhadap narapidana di Lapas Narkotika Yogyakarta. Dari hasil investigasi yang dipimpin langsung Kepala Divisi Pemasyarakatan belum ditemukan bukti dan fakta-fakta tersebut.

"Jadi dari hasil investigasi sementara tersebut didapatkan beberapa keterangan Vincentius Titih yang tidak sesuai dengan fakta. Seperti adanya tindakan asusila dalam hal ini ada penelanjangan warga binaan, itu tidak benar," kata Budi.

"Yang benar adalah penggeledahan badan secara intensif pada saat penerimaan narapidana/tahanan baru demi keamanan dan ketertiban agar tidak terjadi peredaran uang, narkoba dan handphone," ujarnya menambahkan.

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: