Dukung Pariwisata dan UMKM di Kulonprogo, Menkominfo Bantu Akses Internet

Kuntadi ยท Jumat, 16 Oktober 2020 - 23:44 WIB
Dukung Pariwisata dan UMKM di Kulonprogo, Menkominfo Bantu Akses Internet
Menkominfo Johnny G Plate menunjukkan produk UMKM saat mmebantu akses internet. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate memberikan bantuan akses internet kepada masyarakat Pagerharjo, Kecamatan/Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Jumat (16/10/2020). Bantuan ini untuk mendukung kegiatan pariwisata dan ekonomi masyarakat.

“Kulonprogo merupakan daerah penopang DPSP Borobudur. Kegiatan wisata disini harus kita dukung agar berkembang,” kata Menkominfo Johnny G Plate, saat melakukan kunjungan kerja di Kulonprogo, Jumat (16/10/2020).

Kominfo telah mendata selurh wilayah di Indonesia, dan ditemukan desa-desa yang belum tersedia sinyal 4G. Bersama Bakti, akan dibangun tower yang menjangkau 9.130 desa yang tersebar di seluruh Indonesia. Sisanya 3.435 desa di luar 3T (terdepan, terluar, tertinggal) akan dibangun oleh operator seluler.

“Target kami akhir 2022 seluruh desa sudah ada sinyal 4G,” katanya.

Jaringan 4G merupakan pondasi utama dalam transformasi digital, khususnya ekonomi digital. Pelaku UMKM, koperasi dan BUMDes harus mampu mengembangkan potensi ekonomi yang dimilikinya. Dari 64 juta UMKM, sekitar 14 persen diantaranya sudah bermigrasi ke UMKM digital.

“Pada akhir 2020, targetnya 10 juta UMKM di Indonesia sudah bermigrasi ke UMKM digital,” katanya.

Direktur Bakti Kementerian Kominfo, Anang Latif mengatakan, kunjungan ini untuk meninjau kebutuhan akses komunikasi dan memetakan lebih lanjut kebutuhan akses internet di DIY. Meski bukan termasuk daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T), DIY secara geografis masih menyimpan daerah-daerah yang sulit terjangkau oleh sinyal.

“Kami bantu layanan akses internetnya, agar jangkauan telekomunikasi, terutama di fasilitas publik, dapat semakin dirasakan oleh masyarakat setempat,” kata Anang Latif.

Bupati Kulonprogo Sutedjo mengatakan, pihaknya tengah membangun jalur Bedah Menoreh dalam rangka menumbuhan ekonomi dan pariwisata di wilayah utara Kulonprogo. Karena terletak di perbukitan banyak titik-titik yang belum terjangkau sinyal internet.

“Semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan masyarakat,” kata Sutedjo.


Editor : Kuntadi Kuntadi