Fakultas Pertanian UGM Klaim Sudah Hasilkan 112 Penelitian Terapan

Kuntadi ยท Rabu, 10 Agustus 2022 - 12:51:00 WIB
Fakultas Pertanian UGM Klaim Sudah Hasilkan 112 Penelitian Terapan
Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) telah menghasilkan 112 penelitian terapan dalam rentang waktu 2013-2022.(foto: istimewa)

YOGYAKARTA, iNews.id - Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) telah menghasilkan 112 penelitian terapan dalam rentang waktu 2013-2022. Sebanyak 95 merupakan penelitian dari UGM dan 17 lainnya kolaborasi dengan perguruan tinggi lain. 

Dekan Fakultas Pertanian UGM, Jaka Widada mengatakan, penelitian ini telah diwujudkan dalam 55 Penelitian S1, 37 Penelitian S2, dua Penelitian S3, dan lebih dari 20 publikasi di jurnal nasional dan internasional.

“Riset terapan tersebut meliputi bidang Pengendalian Erosi, Sedimentasi, Pedogonesis, Pemetaan, Geoinformatika, Biomassa dan Cadangan Karbon. Selain itu juga pada bidang Agroforestry, Hidrologi, Kekeringan, Perubahan iklim, Pengelolaan Sumber Daya Lingkungan dalam Peningkatan Produktivitas Lahan Pertanian dan Sosial Humaniora,” jata Jaka Widada. 

Hasil penelitian juga telah dikombinasi dengan hasil kaji tindak (action research) yang menyentuh tataran kelompok masyarakat berupa pembinaan kegiatan konservatif dan produktif skala rumah tangga. Fokusnya pada penciptaan lingkungan yang aman dari ancaman bencana berbasis peningkatan pendapatan masyarakat. 

“Kaji tindak yang telah dikembangkan untuk tujuan pengurangan risiko Bencana kekeringan, erosi, dan tanah Longsor,” katanya. 
 
Beberapa penelitian telah digunakan untuk program pengendalian limpasan air hujan kawasan permukiman dan lahan pertanian di zona bentang lahan transisi Gunung api kuarter Sumbing dan Gunung api Kuarter Sumbing dan Gunung Tersier Kulonprogo, Magelang, Jawa Tengah.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: