Festival Nasi Penggel Kebumen, 1.000 Porsi Ludes Diserbu Pengunjung Kurang dari 1 Jam

Joe Hartoyo ยท Minggu, 25 September 2022 - 19:53:00 WIB
Festival Nasi Penggel Kebumen, 1.000 Porsi Ludes Diserbu Pengunjung Kurang dari 1 Jam
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto membuka Festival Penggel. (foto: istimewa)

KEBUMEN, iNews.id - Seribu porsi Nasi Penggel ludes diserbu pengunjung dalam Festival Penggel yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab Kebumen) bekerja sama dengan Bea dan Cukai di Alun-alun Kebumen, Minggu (25/9/2022). Kegiatan ini untuk melestarikan kuliner khas Kebumen sekaligus mendongkrak ekonomi masyarakat.  

Sejak pukul 06.00 WIB masyarakat sudah memadati Alun-alun Kebumen untuk mengikuti rangkaian kegiatan Festival Penggel. Sebelumnya, warga mengikuti senam bersama di kawasan Alun-alun yang kembali diterapkan sebagai lokasi car free day.  

“Kurang dari satu jam, 1.000 porsi nasi Penggel habis. Ini merupakan nasi yang digemari masyarakat Kebumen karena rasanya enak, gurih dan ekonomis,” kata Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Minggu (25/9/2022). 

Festival kuliner semacam ini perlu dilestarikan dan dikembangkan agar semakin menumbuhkan rasa kecintaan masyarakat terhadap budaya dan makanan khasnya Kebumen. Bahkan event seperti ini bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat.

“Kuliner khas Kebumen ini harus terus dikembangkan, agar mampu mendorong peningkatan ekonomi masyarakat,” ujarnya. 

Dalam event ini juga disediakan 1.000 botol jamu tradisional, dan 1.000 serabi yang disediakan secara gratis. Nasi Penggel terbuat dari tepung beras, santen, yang ditambah dengan gula jawa atau gula pasir.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: