Gandeng Berbagai Lembaga, MDMC Lindungi Penyandang Disabilitas dari Paparan Covid-19

Kuntadi ยท Selasa, 09 November 2021 - 20:29:00 WIB
Gandeng Berbagai Lembaga, MDMC Lindungi Penyandang Disabilitas dari Paparan Covid-19
Peserta workshop deklarasi terhadap penanganan Covid-19. (foto: iNews,id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kulonprogo menggandeng berbagai lembaga dalam melindungi penyandang disabilitas dari paparan Covid-19. Salah satunya dalam skema pembelajaran tatap muka di sekolah luar biasa (SLB). 

Fasilitator program Ubah dari MDMC Kulonprogo, Budi Santosa mengatakan, pihaknya menggandeng berbagai lembaga dalam melaksanakan Program Usaha Berubah Perilaku Hadapi Pandemi Covid-19 (Ubah). Mulai dari Dinas Pendidikan, PMI, Penyandang disabilitas hingga Pimpinan Daerah Muhammadiyah ataupun Aisyiyah.  

“Melalui program ini, kami belajar bersama mengubah perilaku dalam menghadapi Covid-19, terutama mengajak keberpihakan ke penyandang disabilitas," kata Budi pada Lokakarya Kajian Risiko dan Kajian Kebijakan Pandemi Covid-19 pada sektor pendidikan pemangku kepentingan yang digelar di Wisma Dharmais, Kulonprogo Selasa (9/11/2021).

Pembelajaran ini dilaksanakan dalam berbagai pertemuan untuk mengkaji kebijakan yang sudah ada dalam mencegah penularan Covid-19. Dari situlah kemudian dilakukan deklarasi pentahelix Kulonprogo sebagai dukungan aman Covid-19 bagi penyandang disabilitas. 

“PTM saat ini sudah digelar, semua pihak harus ikut mencegah Covid-19 dan mendorong agar kebijakan yang berdampak positif tetap diberlakukan,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: