Gawat, Ruang Isolasi Kritikal di Sleman Tinggal 1 Bed

Priyo Setyawan ยท Jumat, 18 Juni 2021 - 18:59:00 WIB
Gawat, Ruang Isolasi Kritikal di Sleman Tinggal 1 Bed
Ilustrasi virus corona. (Foto: Ist)

SLEMAN, iNews.id - Kasus harian Covid-19 di Kabupaten Sleman terus melonjak dan tak terkendali. Penambahan kasus harian diatas 200, sedangkan ketersediaan bed kritikal semakin menipis. 

Penambahan kasus positif di Kabupaten Sleman pada Jumat (18/6/2021) ada 311 kasus. Hal berdampak terhadap ketersediaan bed kritikal di sejumlah rumah sakit di Sleman. Dari 56 bed yang tersebar di 25 rumah sakit, 55 di antaranya sudah terisi. Praktis tinggal satu bed yang tersisa. Sedangkan bed non kritikal dari 436 sudah terisi 60 persen.

“Isolasi kritikal sudah kritis. Sesuai Permenkes diatas 80 persen sudah warning dan perlu ada solusi,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman Joko Hastaryo, Jumat (18/6/2021). 

Sebagai solusi atas kondisi ini, Pemkab Sleman meminta rumah sakit rujukan menambah bed kritikal. Untuk pasien yang tidak berat diturunkan ke non kritikal. Selain itu juga berkoordinasi dengan rumah sakit di daerah sekitar. Jika ada bed kosong pasien akan dikirim ke sana. 
 
“Ini juga pernah dilakukan daerah lain, yang mengirimkan pasien Covid-19 ke  rumah sakit rujuakan di Sleman saat bed kritikal tidak terpakai atau kosong,”  ujarnya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2