Gawat, Stok Obat Covid-19 di Sleman Menipis

Priyo Setyawan · Jumat, 30 Juli 2021 - 14:28:00 WIB
Gawat, Stok Obat Covid-19 di Sleman Menipis
ilustrasi obat Covid-19 (okzone)

SLEMAN, iNews.id - Stok obat untuk pasien Covid-19 di Sleman berupa antivirus Favipiravir, Oseltamivir dan antibiotik Azithromycin mulai menipis. Stok yang ada tinggal 1.500 butir yang hanya cukup untuk tujuh hari ke depan. 
  
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes)  Sleman, Joko Hastaryo mengatakan, kebutuhan ketiga jenis obat tersebut cukup mendesak. Dengan stok sebanyak itu hanya cukup untuk menangani 300-an pasien selama lima hari. Setiap pasien butuh sekitar lima butir.  

Sedangkan untuk antibiotik hanya cukup untuk 215 pasien. Karena satu orang butuh satu butir, minimal dikonsumsi selama tujuh hari.   

“Untungnya untuk Azithromycin dari Kemenkes sudah mengeluarkan edaran tidak lagi untuk pengobatan Covid-19,” katanya. 

Joko mengatakan, Covid-19 tidak berdiri sendiri, tetapi ada sekunder infeksi. Di sinilah Azithromycin sangat diperlukan ketika ada infeksi lain muncul.   

Menipisnya stok obat ini diharapkan tidak akan berpengaruh terhadap pelayanan bagi pasien. TNI sudah mendistribusikan obat untuk  pasien yang menjalani isolasi mandiri (isoman). Dari paket obat yang dibagikan, di dalamnya terdapat antivirus oseltamivir. 

“Kalau semuanya berjalan dengan baik, pasien isolasi mandiri sudah mendapatkan obat yang memadai,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2