Gegara Bekerja di China, Mantan Pilot Militer AS Ini Ditangkap di Australia

Umaya Khusniah ยท Selasa, 25 Oktober 2022 - 21:52:00 WIB
 Gegara Bekerja di China, Mantan Pilot Militer AS Ini Ditangkap di Australia
Mantan pilot militer sekaligus instruktur penerbangan AS yang kini bekerja di China ditangkap di Australia. (foto: CNN)

SYDNEY, iNews.id - Gara-gara bekerja di China, mantan pilot militer Amerika Serikat (AS) ditangkap di Australia. Penangkapan instruktur penerbangan dilakukan atas permintaan AS.

Daniel Edmund Duggan (54) juga terancam diekstradisi ke AS. Dia ditangkap polisi Federal Australia pada Jumat (21/10/2022) di wilayah pinggiran Orange di New South Wales. Duggan muncul di pengadilan di sana pada hari yang sama. 

Ini sesuai dengan dokumen pengadilan Australia yang dilansir Reuters pada Selasa (25/10/2022). Dua sumber di kepolisian Austrlia serta pengacara dari Duggan, Dennis Miralis juga telah mengkonfirmasi hal ini.

Sang pengacara telah muncul melalui konferensi video. Namun jaminan untuk Duggan ditolak oleh pengadilan sehingga dia dibawa ke penjara Bathurst terdekat. 

"Duggan adalah mantan warga negara AS. Polisi federal bertindak atas permintaan AS. Dia kemungkinan akan diekstradisi," ujar salah satu sumber polisi yang tak disebut namanya. 

Sidang lanjutan terhadap Duggan ini akan digelar di Sydney pada bulan November nanti. 

"Seseorang ditangkap pada 21 Oktober 2022 berdasarkan permintaan dari Amerika Serikat. Karena masalah ini ada di pengadilan maka tidak pantas untuk berkomentar lebih lanjut," ujar juru bicara Departemen Kejaksaan Agung federal dalam sebuah pernyataan tertulis kepada Reuters. 

Berdasarkan sebuah sumber Reuters, FBI mencari Duggan karena pekerjaannya di China. Duggan pindah ke Australia setelah satu dekade lamanya bekerja di militer AS. Dia kemudian memulai bisnisnya yang disebut Top Gun Tasmania.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: