Geledah Ruang Tahanan Napi Rutan Kelas IIB Wates, Petugas Temukan Potongan Kayu dan Tali

Kuntadi · Selasa, 06 April 2021 - 10:53:00 WIB
Geledah Ruang Tahanan Napi Rutan Kelas IIB Wates, Petugas Temukan Potongan Kayu dan Tali
Petugas memeriksa barang di kamar hunian warga binaan di Rutan Kelas IIB Wates. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id Rutan Kelas IIB Wates melaksanakan operasi kamar hunian warga binaan secara insidentil bersama dengan TNI/Polri, BNNP dan dari Kanwil Kementerian Hukum dan HAM DIY. Hasilnya, petugas menemukan potongan kayu, tali, bolpoint uang koin dan alat pencukur rambut.

“Pemeriksaan ini dilaksanakan secara mendadak sesuai arahan dari pusat. Temuan barang itu bisa mengganggu dan tidak mendukung keamanan,” kata Kepala Rutan Kelas IIB Wates Deny Fajaryanto, Selasa (6/4/2021). 

Deny mengatakan, di Rutan Kelas IIB Wates sudah secara rutin melakukan penggeledahan di kamar warga binaan. Minimal dalam sebulan dilaksanakana empat kali. Selama ini tidak banyak barang-barang berbahaya yang ditemukan.  

Terhadap temuan ini, nantinya akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan lebih lanjut kepada para pemiliknya. Bagaimana barang-barang itu ada di dalam ruangan dan fungsinya. 

Saat ini warga binaan di Rutan Wates ada 47 orang dari kapasitas 55 orang. Mayoritas merupakan narapidana kasus pencurian, disusul perlindungan anak dan pelanggaran UU kesehatan atau piskotropika. 

“Sangat kondusif, karena warga binaan kita masih dibawah kapasitas maksimal,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2