Genjot Pajak, Pemkot Jogja Jemput Bola Pembayaran PBB

Antara · Kamis, 01 September 2022 - 08:42:00 WIB
 Genjot Pajak, Pemkot Jogja Jemput Bola Pembayaran PBB
Pemkot Jogja mengintensifkan jemput bola pembayaran pajak bumi dan bangunan lewat pekan pembayaran pajak. (Foto : Antara)

YOGYAKARTA, iNews.id - Pemkot Jogja mengintensifkan jemput bola pembayaran pajak bumi dan bangunan lewat pekan pembayaran pajak. Langkah ini untuk menggenjot realisasi penerimaan pajak daerah menjelang jatuh tempo pada 30 September.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Yogyakarta Wasesa mengatakan pekan pembayaran pajak bumi ini dilakukan di wilayah-wilayah atau rukun warga (RW) secara bergilir. "Kami buka setiap Rabu,” katanya  di Yogyakarta, Kamis (1/9/2022).

Menurut Wasesa, pekan pembayaran pajak di wilayah tersebut ditujukan untuk mendekatkan masyarakat dalam mengakses layanan pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) sebelum jatuh tempo.

Jika dibayarkan setelah tanggal jatuh tempo, maka wajib pajak akan langsung dikenakan denda dengan besaran dua persen per bulan dari ketetapan pajak dengan denda maksimal 48 persen.

Dalam pekan pembayaran pajak tersebut, BPKAD Kota Yogyakarta juga menggandeng sejumlah bank untuk memberikan layanan pembayaran PBB.

Berdasarkan data hingga 24 Agustus, realisasi pembayaran PBB di Kota Yogyakarta mencapai Rp42,58 miliar atau 43,9 persen dari target penerimaan pajak yang ditetapkan Rp97 miliar.

“Wajib pajak PBB memang memiliki kecenderungan untuk melakukan pembayaran menjelang jatuh tempo. Biasanya, realisasi pembayaran akan meningkat signifikan sepanjang September,” katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: