H-2 Lebaran, Jalur Selatan Jawa Terpantau Sepi

Budi Utomo ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 14:10 WIB
H-2 Lebaran, Jalur Selatan Jawa Terpantau Sepi
Arus lalu lintas di sepanjang jalur mudik Purworejo-Yogyakarta di Jalan Wates (Foto: Antara/Luqman Hakim)

KULONPROGO, iNews.id – Jalur lintas selatan Jawa terpantau cukup lengang pada H-2 lebaran. Tidak banyak kendaraan dari luar kota yang melintas.

“Tidak ada banyak lonjakan, terpantau sepi,” ujar petugas Dinas Perhubungan DIY Agha Perdana Putro, kepada wartawan di Pos Temon, Kulonprogo, Jumat (22/05/2020).

Petugas tetap melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan dari luar daerah. Khususnya dari zona merah, untuk diperiksa kelengkapan dan surat kendaraan serta kondisi kesehatannya.

Dominasi kendaraan pribadi, justru dari arah timur Yogyakarta menuju ke Purworejo. Kemungkinan banyak yang memilih menggunakan jalan tol, karena lebih cepat.

“Dominasi adalah angkutan barang. Kalau mobil kecil dari timur mungkin lewat tol,” ujarnya.

Kendaraan luar daerah yang masuk, kondisinya cukup tertib. Semua penumpang wajib mengenakan masker dan menjaga jarak. Namun ada juga yang nekat dengan tujuh penumpang dan diminta putar balik.

Salah seorang pemudik, Fitri Soraya Wardani mengaku tidak ada masalah jika harus dilakukan pemeriksaan. Semua surat dan kelengkapan kendaraan lengkap. Penumpang juga mengenakan masker.

“Kami malah senang ada pemeriksaan. Kalau ada apa-apa kita malah tahu,” ujarnya.

Meski kondisinya sepi, petugas terus mengimbau kepada pengguna jalan untuk hati-hati dan waspada. Jalan utama di Kulonprogo cukup halus, lebar dan lurus. Banyak pengguna jalan yang memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi. Apalagi Kulonprogo merupakan titik lelah bagi pemudik dario Jakarta ataupun Bandung.


Editor : Kuntadi Kuntadi