Hadapi Persaingan di Pasar Global, UMK Perlu Sertifikasi Produk Halal

Priyo Setyawan ยท Senin, 13 Juni 2022 - 21:30:00 WIB
 Hadapi Persaingan di Pasar Global, UMK Perlu Sertifikasi Produk Halal
Pusat Studi Biotechnology dan Halal Center UMY mengelar Pelatihan Pendampingan Proses Produk Halal di Gedung Pascasarjana, UMY, Senin (13/6/2022). (Foto: dok Humas UMY)

YOGYAKARTA, iNews.id-Pusat Studi Biotechnology dan Halal Center Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan  Pelatihan Pendampingan Proses Produk Halal. Pelatihan yang dilakukan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK), dosen dan mahasiswa ini digelar di Gedung Pascasarjana, UMY, Senin (13/6/2022).

Kegiatan ini untuk memberikan pendampingan terhadap standarisasi dan proses produk halal (PPH). Terutama kepada para pelaku UMKyang telah menjadi penopang perekonomian dalam persaingan pasar global.

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kementerian Agama (BPJPH Kemenag) Umar mengatakan, sertifikasi halal pada pelaku UMK sangat diperlukan. Karena semakin banyak dan berkembangnya persaingan pasar produk makanan dan minuman sehingga perlu adanya standarisasi makanan yang halal dan baik.

”Perlunya sertifikasi halal pada produk makanan dan minuman yang dijual oleh pelaku UMK ini agar mampu memberikan jaminan kepada konsumen sehingga produk yang dikonsumsi jelas kepastian halalnya. Sehingga tidak ada kontaminasi zat-zat yang bersifat haram, najis dan dampaknya tidak dapat merusak tubuh bagi masyarakat,” ujarnya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: