Hasil Survei Diagram Politik Indonesia, Partai Perindo Ada di Urutan 8

Kuntadi ยท Senin, 31 Oktober 2022 - 22:40:00 WIB
Hasil Survei Diagram Politik Indonesia, Partai Perindo Ada di Urutan 8
Diagram Polirik Indonesia merilis survei dan menempatkan Perindo di urutan delapan. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

SLEMAN, iNews.id - Partai Perindo cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia baik dari nama partai maupun logonya. Hasil survei dari lembaga survei Diagram Politik Indonesia (DPI), Perindo berada di urutan ke delapan bersaing dengan sejumlah partai yang memiliki wakil di DPR. 

Direktur DPI, Nastain Muhammad mengatakan, DPI merupakan lembaga survei sosial, politik dan opini publik berdasarkan kajian akademik. Mereka baru saja melakukan survei dari 25 September sampai dengan 25 Oktober dengan sampel 1.200 responden dari seluruh provinsi di Indonesia, terkait persepsi publik atas konstelasi politik nasional dan pemilihan presiden 2024. 

Survei ini menggunakan teknik multistage random sampling, sehingga semua orang bisa terpilih menjadi responden. Responden usianya minimal 17 tahun yang berasal dari seluruh provinsi. 

Salah satu survei ini terkait dengan pilihan masyarakat ketika dilaksanakan pemilu. Hasilnya PDIP tertinggi dengan 24,3 persen, disusul Gerindra 14,2 persen dan Partai Golkar 10,1 persen. Sedangkan Partai Demokrat 9,8 persen, PKS 7 persen, PKB 6,7 persen dan Partai Nasional Demokrat 6,1 persen.

“Menariknya Perindo ini berada di urutan delapan dengan 4,9 persen di atas PAN 2,5 persen dan PPP dengan 1,8 persen,” katanya.

Dalam survei ini juga terkait dengan sosoak siapakah calon presiden yang akan dipilih. Dari 10 nama, Anies Baswedan tertinggi dengan 26,5 persen, disusul Prabowo Subianto dengan 23 persen, dan Ganjar Pranowo dengan 21,3 persen. 

Sedangkan Airlangga Hartarto 6,8 persen, AHY 5,5 persen, Puan Maharani 4,5 persen. Selain itu juga ada Ridwan Kamil dengan 3,2 persen, Sandiaga Uno 2,3 persen, Muhaimin Iskandar 1,7 persen dan Erick Thohir 1,3 persen.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: