Hebat, 5 Mahasiswa UGM Kembangkan Alat Peniris dan Penjernih Jelantah

Antara ยท Kamis, 24 November 2022 - 07:12:00 WIB
 Hebat, 5 Mahasiswa UGM Kembangkan Alat Peniris dan Penjernih Jelantah
Alat peniris kerupuk yang terintegrasi dengan penjernih minyak jelantah hasil kreasi Mahasiswa UGM. (Foto : Antara/Ho UGM)

YOGYAKARTA, iNews.id- Hebat, lima mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil mengembangkan alat peniris kerupuk. Alat ini juga terintegrasi dengan penjernih jelantah atau minyak goreng bekas.

Ketua Tim Pengembang Alat Ahmad Sirrullah mengatakan, alat yang mereka ciptakan ini mudah digunakan. 

"Alat ini juga sangat membantu UMKM yang memproduksi kerupuk untuk meningkatkan daya tahan serta kualitas kerupuk," ujarnya dalam keterangan tertulis di Yogyakarta, Rabu (23/11/2022)

Ahmad mengatakan pada umumnya kerupuk cepat tengik, melempem dan cita rasanya berubah dibandingkan saat digoreng dengan minyak yang baru sehingga menyebabkan kerupuk rusak dan tidak terjual.

Hal itulah yang membuat Tim Mahasiswa UGM berupaya mencari solusi dengan mengembangkan alat tersebut.

"Melalui implementasi alat ini diharapkan produsen kerupuk dapat memperoleh keuntungan maksimal," ujar mahasiswa Jurusan Kimia UGM ini.

Selain Ahmad pengembangan alat bersama dengan empat rekannya yang lain, yaitu Dinda Iffana Silma (Teknik Kimia), Dzulfiqar Rafli Haryanto (Kimia),  Baihaqi Ghozali Hidayat dan Rangga Satria Wicaksana keduanya dari Teknik Mesin.

"Alat peniris yang dijual di pasaran pada umumnya tidak dilengkapi dengan fitur penjernih minyaknya. Sementara alat yang kami kembangkan mempunyai tambahan fitur penjernih minyak dengan tiga bahan adsorben yaitu arang aktif, zeolit dan bentonit," ujarnya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: