HIV Ternyata Bisa Sembuh, Perempuan di AS Ini Jadi Buktinya

Ahmad Islamy Jamil · Rabu, 16 Februari 2022 - 09:32:00 WIB
 HIV Ternyata Bisa Sembuh, Perempuan di AS Ini Jadi Buktinya
Seorang perempuan di Amerika Serikat (AS) dinyatakan sembuh dari HIV. (foto Ilustrasi : ist)

Pada tahap percobaan pertama, pasien menjalani kemoterapi untuk membunuh sel-sel kekebalan kanker. Dokter kemudian melakukan transplantasi sel induk dari individu dengan mutasi genetik tertentu di mana mereka kekurangan reseptor yang digunakan oleh virus untuk menginfeksi sel.

Para ilmuwan percaya bahwa orang-orang ini kemudian mengembangkan sistem kekebalan yang kebal terhadap HIV.

Lewin mengatakan transplantasi sumsum tulang bukanlah strategi yang tepat untuk menyembuhkan kebanyakan orang yang hidup dengan HIV. Akan tetapi, laporan kali ini mengonfirmasi bahwa penyembuhan HIV menjadi mungkin dan lebih jauh memperkuat penggunaan terapi gen sebagai strategi yang layak untuk penyembuhan HIV.

Studi ini menunjukkan bahwa elemen penting untuk keberhasilan penyembuhan adalah transplantasi sel yang resistan terhadap HIV. Sebelumnya, para ilmuwan percaya bahwa efek samping transplantasi sel induk umum yang disebut penyakit graft versus host—di mana sistem kekebalan donor menyerang sistem kekebalan penerima—berperan dalam kemungkinan penyembuhan.

“Secara keseluruhan, ketiga kasus penyembuhan pascatransplantasi sel induk ini semuanya membantu mengungkap berbagai komponen transplantasi yang benar-benar kunci penyembuhan,” kata Lewin.

Editor : Ainun Najib

Bagikan Artikel: