Hujan Deras sejak Pagi, Rumah Warga Nyaris Longsor

Suharjono ยท Rabu, 25 November 2020 - 20:44:00 WIB
Hujan Deras sejak Pagi, Rumah Warga Nyaris Longsor
Rumah warga nyaris longsor akibat hujan yang mengguyur wilayah Gunungkidul. (Foto : Ist)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Gunungkidul sejak Rabu (25/11/2020) pagi menyebabkan tanah longsor di Kalurahan Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul. Talut sepanjang 10 meter dengan ketinggian 8 meter longsor dan nyaris menyeret satu rumah warga.

Tidak ada korban dalam peristiwa yang terjadi Rabu siang itu. Hanya saja satu keluarga harus diungsikan karena rumahnya rawan tergerus banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Edy Basuki menjelaskan, akibat hujan deras tanggul belakang rumah milik Suroto (42) warga Padukuhan Ngelo, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari longsor.

Akibatnya dinding dapur milik warga tersebut ambrol terbawa longsor. "Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini hanya saja semua harus diungsikan karena rawan ambrol," katana kepada wartawan Rabu.

Dijelaskannya, longsornya talut ini dipicu hujan yang cukup deras dan berlangsung dalam waktu yang lama. Upaya melakukan pembersihan area longsor mulai dilakukan. Namun demikian dibutuhkan kehati - hatian untuk memperbaiki talut tersebut.

"Tim sudah ke lokasi dan bersama warga kerja bakti namun karena sudah sore akan dilanjutkan esok hari," katanya.

Pihaknya juga sudah meminta warga sekitar hati - hati. Jika terjadi hujan deras besar kemungkinan terus menggerus sisi atas talut. "Kami juga ingatkan warga di wilayah rawan longsor berhati - hati karena bencana di depan mata sehingga perlu kesiapsiagaan bersama," katanya.

Editor : Ainun Najib