Ini Alasan PBNU Tunjuk Erick Thohir Jadi Ketua Panitia Peringatan 1 Abad Harlah NU

erfan erlin ยท Kamis, 11 Agustus 2022 - 19:33:00 WIB
Ini Alasan PBNU Tunjuk Erick Thohir Jadi Ketua Panitia Peringatan 1 Abad Harlah NU
Erick Thohir menerima cinderamata dari Pengurus Pondok Pesantren Krapyak. (Foto: MPI/erfan Erlin)

BANTUL, iNews.id - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) telah menunjuk Menteri Badan Urusan Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebagai ketua Panitia Peringatan 100 Tahun Hari Lahir Nahdlatul Ulama (NU). PBNU memastikan penunjukkan ini tidak ada kaitannya dengan politik apalagi pencapresan.  

Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam) PBNU, Ulil Abrar Abdau memahami penunjukkan tersebut pasti akan mengundang anggapan adanya muatan politik. Dia memastikan penunjukkan tersebut adalah profesional.

Menurutnya, penunjukan Erick Tohir karena alasan kompetensinya. Dia juga merupakan bagian dari NU yang telah tergabung dalam gerakan Pemuda Anshor.

"Kita memilih karena alasan sumber daya, bukan politis," tutur Ulil di sela peluncuran Halaqah Fiqih Peradaban, di Madrasah Aliyah Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak, Bantul, Kamis (11/8/2022) 

Menurut Ulil, Menteri BUMN memiliki kompetensi untuk menjadi ketua panitia dalam event yang besar seperti 1 Abad Harlah NU. Dia telah membuktikan sukses menangani event-event besar kenegaraan. 

Pertimbangan lain adanya sumber daya yang bisa disumbangkan Erick Thohir untuk NU, sehingga dia menjadi sosok yang pas untuk mengemban amanah tersebut.

"Jika ada konteks politik, hal itu bukan sesuatu yang prinsipil," ujarnya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: