Ini Daftar Pejabat Luar Negeri Keturunan Indonesia, Nomor 4 Ayahnya dari Kulonprogo

Tim Litbang MPI, Alifia Nur Faiza · Sabtu, 12 Februari 2022 - 16:43:00 WIB
 Ini Daftar Pejabat Luar Negeri Keturunan Indonesia, Nomor 4 Ayahnya dari Kulonprogo
Sejumlah pejabat luar negeri keturunan Indonesia. (Foto/wikipedia/reuters/the star)

YOGYAKARTA, iNews.id- Sejumlah orang-orang sukses di luar negeri ternyata keturunan Indonesia. Bahkan ada tokoh penting di mancanegara yang ternyata memiliki nenek moyang di Kulonprogo, Yogyakarta. 

Tidak sekadar sukses, mereka juga menduduki jabatan penting pemerintahan. Siapa sajakah orang-orang tersebut? Nah berikut adalah daftarnya dirangkum khusus untuk anda : 

1. Raymond Sapoen 
Nama Raymond Sapoen sempat menghebohkan jagat media sosial setelah mengumumkan kesediaannya sebagai calon presiden Suriname pada tahun 2015. Raymond Sapoen adalah hakim dan politikus Suriname.

Pria yang lahir pada 25 Oktober 1967 ini keturunan Jawa. Suriname sendiri adalah negara di Amerika Selatan bekas jajahan Belanda yang para pekerja dari suku Jawa telah tinggal di sana sejak abad ke-19. 

Dilansir dari BBC, Raymond mengatakan kakek buyutnya kemungkinan berasal dari Banyumas, Jawa Tengah. Keluarganya diketahui melakukan imigrasi pada 1928 ke Paramaribo sebagai warga Hindia Belanda yang dikirim pemerintah kolonial Belanda untuk bekerja di Suriname. 

2. Tun Aji Yusof Bin Ishak
Yusof Bin Ishak yang dulunya merupakan seorang wartawan olahraga adalah Presiden Singapura pertama. Tidak hanya itu, pria yang akrab disapa sebagai Encik Yusof bin Ishak juga menjadi presiden pertama yang berdarah keturunan Minangkabau dan Melayu.

Encik Yusof lahir pada tahun 12 Agustus 1901 di Padang Gajah, Malaysia. Ayahnya berasal dari Sumatera Barat, sementara ibunya orang Langkat, Sumatera Utara.

Semasa tinggal dan tumbuh besar di Malaysia, Encik Yusof berperan penting dalam memperjuangkan kemerdekaan Malaysia. Pada 1965, Encik Yusof diangkat menjadi presiden pertama Singapura usai Malaysia dan Singapura memisahkan diri. Beliau meninggal di tahun 1970 akibat serangan jantung.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: