Ini Penampakan Kapal Fregat Siluman Terbaru Milik Jepang

Berlianto, Sindonews ยท Sabtu, 21 November 2020 - 15:24:00 WIB
Ini Penampakan Kapal Fregat Siluman Terbaru Milik Jepang
Kumano, kapal fregat siluman terbaru yang dimiliki oleh Angkatan Laut Jepang. Foto/Defense World

Mengingat hal itu, kecil kemungkinannya Kumano baru akan memenuhi julukan "sembilan nyawa" dari Kumano yang jauh lebih terkenal. Jepang sebelumnya mempunyai kapal yang diberinama Kumano. Berbeda dengan yang terbaru, di masa lalu Kumano adalah kapal penjelajah kelas berat Mogami yang mengambil bagian dalam lebih banyak pertempuran laut daripada kapal Jepang lainnya selama Perang Dunia II.

Meski begitu, desain sudut baru yang tersembunyi di kapal terbaru yang dibuat untuk meminimalkan tanda di radar musuh membuat kapal ini akan lebih mampu menghindari ancaman.

Kumano juga membawa radar multi-fungsi Mitsubishi Electric OPY-2 yang kuat dan memiliki kemampuan untuk menyebarkan aset tak berawak di permukaan dan bawah permukaan.

Menurut Asahi, kapal tersebut hanya memiliki 90 awak berkat otomatisasi yang ekstensif. Itu setengah dari jumlah yang dibutuhkan untuk sebuah kapal perusak dan sepertiga yang dibutuhkan untuk kapal yang dilengkapi dengan sistem tempur Aegis. Media itu juga mencatat bahwa desain standar akan memungkinkan perotasian satu set kru yang terdiri dari empat orang untuk mengoperasikan salah satu kapal yang perlu dioperasikan, bukan satu kapal yang biasa mereka gunakan.

Editor : Ainun Najib