Ini Penampakan Kapal Fregat Siluman Terbaru Milik Jepang

Berlianto, Sindonews ยท Sabtu, 21 November 2020 - 15:24:00 WIB
Ini Penampakan Kapal Fregat Siluman Terbaru Milik Jepang
Kumano, kapal fregat siluman terbaru yang dimiliki oleh Angkatan Laut Jepang. Foto/Defense World

Kru yang lebih kecil berarti tuntutan personel yang lebih kecil, yang dibutuhkan Pasukan Bela Diri Maritim (MSDF) dalam menghadapi jumlah perekrutan yang semakin berkurang. Sebuah laporan di London Times pada bulan Oktober mencatat MSDF telah gagal mencapai kuota perekrutan selama beberapa tahun terakhir, bahkan di tengah peningkatan batas usia maksimum dari 26 menjadi 32 tahun.

Menurut buku putih pertahanan, Tokyo telah memesan enam kapal 30FFM dan Kementerian Pertahanan Jepang sedang mencari dua kapal lagi. Tetapi pada akhirnya Negeri Matahari Terbit itu akan memiliki kebutuhan untuk total 22 kapal fregat. Secara kebetulan yang aneh, Kumano sebenarnya adalah kapal 30FFM kedua, sementara yang pertama masih dalam proses pembuatan.

Kumano diharapkan akan ditugaskan pada Maret 2022, di mana saat itu akan mulai patroli di Laut China Timur untuk memantau pergerakan kapal penangkap ikan China. Jepang semakin terlibat konflik China dalam beberapa tahun terakhir karena persaingan atas perairan perikanan yang subur.

Editor : Ainun Najib