Ini Profil Para Raider 431/SSP, Pasukan Pemburu Penembak Brimob di Papua

Sindonews, SM Said ยท Selasa, 18 Januari 2022 - 17:04:00 WIB
 Ini Profil Para Raider 431/SSP, Pasukan Pemburu Penembak Brimob di Papua
Satuan Elite Para Raider 431/SSP yang membantu memburu KKB Lamek Taplo penembak Bharatu Bachtiar Yuniwandaru anggota Brimob dulunya merupakan bagian dari Kopassus. (Foto : Pasukan PR 431/SSP/brigifpararaider3.com)

KIWIROK, iNews.id - TNI menerjunkan satuan elite untuk memburu KKB Lamek Taplo di Papua. Pasukan Para Raider 431/Satria Setia Perkasa (SSP) diterjunkan untuk memburu kelompok separatis yang menembak anggota Brimob Bharatu Bachtiar Yuniwandaru. 

Pasukan yang bermarkas di Kariango, Sulawesi Selatan ini merupakan salah satu pasukan elite Divisi 3 Kostrad yang berkualifikasi Para Raider.

Pada era 1980-an, Batalyon Infanteri Para Raider 431 ini dikenal dengan nama Batalyon Infanteri 1 Brigif 3 Lintas Udara Kopassus. 

Pasukan ini sebelumnya merupakan bagian dari Grup 3 Kopassandha dengan nama Detasemen Tempur 31 untuk mengantispasi wilayah Indonesia bagian Timur.

Pada 6 Maret 1985, Grup-3/Kopassandha diorganisasi menjadi Brigade Infanteri 3 Lintas Udara Kopassus, sehingga Detasemen Tempur 31 direorgansisasi menjadi Batalyon Infanteri 1 Brigif 3 Linud Kopassus.

Nomor pengenal 431 merupakan warisan dari Batalyon 431 yang berkedududkan di Slawi, Tegal, Jawa Tengah pada tahun 1963 sesudah melaksanakan operasi Trikora di Irian Jaya. 

Namun pada 9 Desember 1986 Batalyon Infanteri 1 Brigif 3 Linud Kopassus dialih status menjadi Brigif Linud 3/Kostrad. 

Alih status dipimpin KSAD Jenderal TNI Try Sutrisno. Sehingga Batalyon Infanteri 1 Brigif 3 Linud Kopassus beralih menjadi Batalyon Infanteri Lintas Udara 431/Satria Setia Perkasa. Usai alih status ada sejumlah anggota pasukan ini ditempatkan di satuan-satuan infanteri baik di Kostrad maupun Kodam-Kodam. 

Pasukan ini pun banyak diterjunkan di medan penugasan baik di Timor-Timor maupun Irian Jaya dengan hasil yang gemilang. Bahkan pasukan ini pun menorehkan keberhasilan dalam medan operasi di Nanggroe Aceh Darusalam pada 2002-2003. 

Saat ini Pasukan Para Raider 431/SSP bertugas di Papua BKO Kodam XVII/Cenderawasih sebagai Satuan Tugas Pamtas Mobile.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: