Ini Rekomendasi KNKT atas Kasus Kecelakaan Maut di Bukit Bego Imogiri

Keberadaan ban bekas yang dipasang warga di lokasi kejadian, masih perlu ditata. Pengamanan ini masih bisa menimbulkan risiko bahaya dan dipasang kolam jebakan.
"Ban sudah dipasang tapi masih menimbulkan risiko, pertama kalau dia masuk celah pertama, ban itu bisa menghentikan putaran roda tapi yang jadi berbahaya adalah inersianya, kelembaman itu tidak bisa dihentikan," katanya.
"Artinya ketika kendaraan nabrak, orangnya (penumpang) akan terlempar ke depan semua, kita tahu bahwa pengemudi dan penumpang kita jarang pakai sabuk pengaman," katanya.
Pemerintah akan meminimalkan risiko kecelakaan tunggal karena laju bus tidak terkendali adalah kolam jebakan. Sehingga ketika bus masuk kolam jebakan, penumpang tidak akan terlempar keluar.
"Karena kalau nabraknya di tebing, dia bisa mental seperti karambol dan masuk ke jurang di kirinya kan jurang kurang lebih 10 meter, itu bahaya lagi. Jadi akan kami tata, kami apresiasi inisiasi masyarakat, tapi akan kami perbaiki, kami kembangkan menjadi lebih baik," katanya.
Editor: Kuntadi Kuntadi