Israel Ternyata Berikan Vaksin Covid Hampir Kedaluwarsa ke Palestina

Anton Suhartono ยท Sabtu, 19 Juni 2021 - 09:01:00 WIB
 Israel Ternyata Berikan Vaksin Covid Hampir Kedaluwarsa ke Palestina
Sekitar 1 juta vaksin Pfizer yang akan diterima Palestina dari Israel ternyata hampir kedaluwarsa. (Foto : Reuters)

TEPI BARAT, iNews.id - Sekitar 1 juta vaksin Pfizer yang akan diterima Palestina dari Israel ternyata hampir kedaluwarsa. Otoritas Palestina (PA) pun membatalkan kesepakatan pertukaran vaksin Covid-19 dengan zionis ini.
 
Israel dan Palestina sebelumnya mengumumkan kesepakatan pertukaran vaksin pada Jumat (18/6/2021). Israel akan mengirim hingga 1,4 juta dosis. Vaksin itu akan diganti oleh Palestina dengan dosis yang mereka terima melalui program Covax pada akhir tahun ini.

"Mereka (awalnya) memberi tahu kami tanggal kedaluwarsa pada Juli atau Agustus, sehingga memungkinkan ada waktu untuk digunakan," kata Menteri Kesehatan Palestina Mai Alkaila, dikutip dari Reuters, Sabtu (19/6/2021).

Namun, lanjut dia, ternyata masa kedaluwarsanya Juni. 

"Tidak cukup waktu untuk menggunakannya, jadi kami menolak," tuturnya.

Seroang pejabat Palestina memastikan penolakan kesepakatan ini karena masalah tanggal kedaluwarsa. Palestina dan memulangkan kembali sekitar 90.000 dosis vaksin Pfizer yang sudah lebih dulu diterima ke Israel.

Sejauh ini kantor perdana menteri Israel Naftali Bennett belum memberikan komentar.

Kelompok HAM mengkritik Israel karena tidak bisa berbuat lebih banyak untuk memastikan akses vaksin ke Palestina, baik di Tepi Barat maupun Jalur Gaza.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2