Tiga RT di Gunungkidul Masuk Zona Merah Covid-19

Antara · Sabtu, 19 Juni 2021 - 08:17:00 WIB
 Tiga RT di Gunungkidul Masuk Zona Merah Covid-19
Pemerintah Desa Dengok, Playen, Gunungkidul, Rabu (9/6/2021) melakukan penutupan wilayah Dengok II, I dan III karena terdapat 30 orang terpapar Covid-19. (Foto : Antara)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Tiga rukun tetangga (RT) di Gunungkidul masuk zona merah akibat tingginya penambahan harian terkonfirmasi Covid-19 selama sepekan terakhir. Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul menyebut potensi RT yang masuk zona merah bisa bertambah.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul Dewi Irawaty di Gunungkidul, Sabtu (19/6/2021) mengatakan total rukun tetangga (RT) 6.854 RT, dengan situasi zonasi yakni 6.616 RT zona hijau, 228 RT zona kuning, tujuh RT zona oranye, tiga RT zona merah.

"Perubahan zonasi terus berkembang, karena munculnya klaster-klaster baru, seperti klaster hajatan. Data ini bersifat bergarak, sehingga setiap saat bisa berubah," kata Dewi.

Dia mengatakan potensi RT yang masuk zona merah masih bisa bertambah. Hal ini dikarenakan, lonjakan kasus penularan yang di atas 100 warga tertular per hari di minggu ini belum masuk dalam pendataan.

"Senin (21/6), kami baru akan pembaharuan data, sehingga potensi untuk berubah sangat tinggi. Permbaruan data ini dilakukan setiap seminggu sekali. Jadi, angka penularan sekarang baru terlihat dalam peta zonasi di minggu depan,” katanya.

Dewi mengatakan angka penularan di Gunungkidul belum menunjukan tanda-tanda penurunan. Dampak dari lonjakan ini, jumlah klaster penularan bertambah dari tujuh menjadi sebelas klaster.

"Sebelas klaster ini masih bersifat aktif karena upaya tracing terus dilakukan sehingga potensi adanya warga terpapar masih bisa bertambah,” katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2